Liga Indonesia

Siap Bersaing di Liga 1, PSM Makassar Jadi Klub Profesional Pertama 'Sayuri Bersaudara'

Selasa, 30 Maret 2021 05:27 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Subhan Wirawan
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pemain baru PSM Makassar, Yakob Sayuri. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pemain baru PSM Makassar, Yakob Sayuri.

FOOTBALL265.COM - Juara Liga Indonesia 1999/00, PSM Makassar, menjadi klub sepakbola pertama buat duo 'Sayuri Bersaudara', Yakob dan Yance pada level profesional.

Kembar identik asal Kepulauan Yapen tersebut tak pernah bermain di klub yang sama sebelumnya. Barulah pada musim 2021, mereka dipertemukan oleh Pasukan Ramang.

Sekadar informasi, Yakob Sayuri mengawali karir profesional pada tahun 2017 di Persewar Waropen. Ia kemudian bergabung dengan Persemi Mimika setahun kemudian.

Sempat kembali lagi ke Persewar Waropen, bakat Yakob Sayuri lalu terdeteksi oleh pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Alhasil, dia pun direkrut oleh Laskar Antasari.

Performa pesepakbola berusia 23 tahun ini langsung melejit pada debutnya di Liga 1 2019 dengan mencatatkan 22 penampilan plus 1 gol dan 4 assist untuk Barito Putera.

Statistik menawan tersebut membuat PSM Makassar merekrutnya pada bursa transfer awal musim Liga 1 2020. Kala itu, Yakob datang sepaket dengan Rony Beroperai.

Sementara itu, si adik, Yance Sayuri baru memulai karir profesional dengan memperkuat Persemi Mimika di ajang Liga 3 sejak musim 2019 hingga 2020 lalu.

Setelah itu, Yance Sayuri bergabung ke PSM Makassar pada jendela transfer awal musim berkat bantuan saudara kembarnya menjelang bergulirnya turnamen Piala Menpora 2021.