Bola Internasional

Gagal di Kualifikasi Piala Dunia, Media Thailand Takjub dengan Latihan Gila Indonesia

Rabu, 19 Mei 2021 05:01 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry/Indosport
Meskipun gagal di kualifikasi Piala Dunia, ambisi menang Shin Tae-yong dengan berikan latihan gila ke Timnas Indonesia bikin media Thailand tercengang. Copyright: © Herry/Indosport
Meskipun gagal di kualifikasi Piala Dunia, ambisi menang Shin Tae-yong dengan berikan latihan gila ke Timnas Indonesia bikin media Thailand tercengang.

FOOTBALL265.COM - Kesempatan Timnas Indonesia untuk melaju ke babak lanjutan Kualifikasi Piala Dunia sudah pupus. Tapi siapa sangka, ambisi menang skuat Shin Tae-yong di tiga laga sisa dengan latihan gila membuat media Thailand tercengang.

Nasib malang menimpa Tanah Air ketika ikuti kompetisi memperebutkan tiket ke Kualifikasi Piala Dunia 2022. Berjuang di Grup G alias 'neraka' mereka alami lima kekalahan beruntun hingga mustahil lolos ke babak lanjutan.

Bisa dibilang, lawan main Evan Dimas beserta koleganya termasuk tangguh. Sebut saja Timnas Malaysia arahan Tan Cheng Hoe, Park Hang-seo yang menukangi Vietnam, Thailand bersama Akira Nishino, dan UEA. Lima kekalahan ini pun buat Simon McMenemy dipecat.

PSSI merasa pelatih berusia 43 tahun itu sudah gagal gara-gara membuat peringkat FIFA Indonesia terjun bebas ke posisi 173. Ketika kualifikasi Piala Dunia ditangguhkan gara-gara Corona, mereka pun datangkan Shin Tae-yong sebagai gantinya.

Lewat rapot bagus pelatihan Timnas Indonesia U-19, juru taktik Korsel ini dipercaya bakal kembangkan skuat senior kala lakoni pertandingan persahabatan internasional. Buktinya saja, ia membawa 28 nama pemain untuk tiba lebih dulu di UEA.

Patut diketahui, skuat merah putih akan lakoni dua laga eksebisi lebih dulu yakni kontra Afghanistan, Selasa (25/05/21), dan Oman pada Sabtu (29/05/21). Nantinya, setelah itu mereka bakal langsung lakoni tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia.

Meskipun tahu mereka mustahil melaju ke babak lanjutan, Shin Tae-yong langsung memberikan latihan ketat begitu tiba di UEA pada 17 Mei 2021 lalu. Media Thailand pun tak menyangka latihan seperti ini mampu dilakukan dalam waktu singkat.