Bola Internasional

Emiliano Martinez, Terbuang dari Arsenal Malah Jadi Pahlawan Messi Raih Copa America 2021

Minggu, 11 Juli 2021 13:38 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Buda Mendes/Getty Images
Emiliano Martinez, Terbuang dari Arsenal Malah Jadi Pahlawan di Copa America 2021 Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Emiliano Martinez, Terbuang dari Arsenal Malah Jadi Pahlawan di Copa America 2021

FOOTBALL265.COM – Melihat perjalanan karier Emiliano Martinez, mantan kiper Arsenal yang tersingkir dari skuad The Gunners namun malah jadi pahlawan Lionel Messi untuk raih trofi Copa America 2021.

Pada gelaran Copa America 2021 ini, timnas Argentina sendiri berhasil tampil gemilang bahkan keluar sebagai juara usai menumbangkan sang juara bertahan sekaligus tuan rumah, Brasil.

Bertanding di stadion Maracana pada Minggu (11/07/21) pagi WIB, Brasil yang main di depan pendukung sendiri sempat menekan di awal laga.

Namun justru Argentina yang bisa mencetak gol lebih dulu saat pertandingan baru memasuki menit ke-22’, melalui aksi Angel Di Maria yang memanfaatkan umpan lambung De Paul dari tengah lapangan.

Dengan tenang, bintang PSG tersebut lepaskan bola lob dan sukses menaklukkan Ederson. Skor 1-0 buat Argentina.

Usai tertinggal, Brasil perlahan mulai bangkit dan berikan tekanan ke pertahanan Argentina terutama sepanjang babak kedua berlangsung.

Namun sayang, meski banyak ciptakan peluang namun Neymar cs gagal mencetak gol penyama kedudukan dan membuat skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Argentina pun mengakhiri puasa gelar mereka sejak 28 tahun silam. Seperti diketahui, bahwa Timnas Argentina terakhir kali angkat trofi di adalah tahun 1993 juga di ajang Copa America.

Jika melihat perjalanan timnas Argentina sebelum juara Copa America 2021, nama Lionel Messi jadi pusat perhatian lantaran ketidak beruntungannya bersama La Albiceleste pada event-event sebelumnya.

Seperti diketahui, Lionel Messi sejak jalani debut bersama Timnas Argentina pada tahun 2005 silam, belum sekalipun membawa tim Tango juara di level internasional.

Pencapaian terbaik mantan pemain Barcelona ini adalah runner up Copa America 2007, 2015 dan 2016 serta juara dua Piala Dunia di tahun 2014.

Dengan trofi Copa America 2021, Lionel Messi pun jadi pemain yang paling berbahagia lantaran beban gelar juara di pundaknya bisa terangkat.

Namun dibalik keberhasilan Argentina serta kebahagiaan Lionel Messi, ada satu sosok terlupakan yang mungkin bisa dibilang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa skuad Lionel Scaloni.

Adalah Emiliano Martinez, penjaga gawang berusia 28 tahun yang mampu tampil gemilang dan jadi tembok kokoh di pertahanan Argentina.

Total sepanjang gelaran Copa America 2021, Emiliano Martinez telah bermain sebanyak enam enam pertandingan mulai dari babak penyisihan grup hingga partai final pagi tadi.

Dari keseluruhan pertandingan tersebut, kiper Aston Villa ini sukses catatkan empat kali clean sheets termasuk saat menghadapi para rival di Amerika Latin seperti Uruguay dan Brasil.