In-depth

On This Day: Juventus Kehilangan Legenda Hebat, Gaetano Scirea

Jumat, 3 September 2021 19:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© juventus
Hari ini 32 tahun yang lalu, akan selalu dikenang sebagai momen kelam klub Liga Italia, Juventus, yang kehilangan salah satu legendanya, Gaetano Scirea. Copyright: © juventus
Hari ini 32 tahun yang lalu, akan selalu dikenang sebagai momen kelam klub Liga Italia, Juventus, yang kehilangan salah satu legendanya, Gaetano Scirea.

FOOTBALL265.COM - Hari ini 32 tahun yang lalu, akan selalu dikenang sebagai momen kelam klub Liga Italia, Juventus, yang kehilangan salah satu legendanya, Gaetano Scirea.

Pria kelahiran 25 Mei 1953 tersebut tewas dalam sebuah kecelakaan maut ketika sedang bertugas. Saat itu, ia bertolak ke Polandia sebagai scout untuk mengamati calon lawan Juventus di Piala UEFA (sekarang Liga Europa), Gornik Zabrze.

Tentu tidak ada yang menyangka bahwa perjalanan itu akan membawa petaka bagi Gaetano Scirea. Ia pergi dan tidak pernah kembali.

Kecelakaan nahas tersebut terjadi setelah Scirea menyaksikan pertandingan Gornik Zabrze pada 3 September 1989. Mobil yang ia tumpangi bertabrakan dengan truk di sekitar area Babsk, sebuah desa di Rawa County, Polandia.

Cuaca yang kurang bersahabat berupa hujan deras pun disebut-sebut sebagai pemicu utama kecelakaan.

Namun malangnya, insiden pun semakin fatal karena adanya bensin di bagasi mobil Scirea. Sontak saja, kendaraan pun langsung meledak dan terbakar setelah tabrakan.

Scirea tewas di tempat, begitu pula dua penumpang lain di mobil tersebut. Insiden tragis ini pun membuat publik sepak bola syok dan bersedih.

Juventus sebagai klub yang pernah menaungi Scirea tidak pernah melupakan momen 3 September tersebut, begitu juga para penggemar yang sudah mengenal sosoknya sejak masih jadi pemain.

Tahun ini, Bianconeri pun kembali menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Scirea.

“Segalanya, baik di dalam maupun di luar lapangan, integritasnya tetap tak tertandingi dan tak terkalahkan dari generasi ke generasi,” demikian bunyi pernyataan resmi yang dimuat di laman resmi klub hari ini.

“32 tahun setelah malam tragis 3 September 1989 ketika Gai meninggalkan kami, pikiran kami hari ini bersama keluarga Gateano dan semua orang yang terhubung dengan Juventus.”

Juventus juga mengatakan mereka bakal selalu mengenang sosok yang luar biasa seperti Scirea sampai kapan pun itu.

“Anda akan selalu bersama kami, Gaetano,” bunyi kalimat meyentuh hati dari klub yang pernah dibela Scirea selama periode 1974–1988 tersebut.