Bola Internasional

Gagal Menang atas Timnas Indonesia, Fans Vietnam Geram dengan Taktik Kotor Shin Tae-yong

Rabu, 15 Desember 2021 22:32 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Gagal Menang atas Timnas Indonesia, Fans Vietnam Geram dengan Taktik Kotor Shin Tae-yong. Copyright: © PSSI
Gagal Menang atas Timnas Indonesia, Fans Vietnam Geram dengan Taktik Kotor Shin Tae-yong.

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong sukses menerapkan taktik yang membuat Vietnam gagal menang di laga ketiga Grup B Piala AFF 2020.

Bermain di Stadion Bishan, Singapura pada Rabu (15/12/21) malam WIB, timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0.

Hasil ini membuat timnas Indonesia bertahan di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Sedangkan Vietnam tetap berada di posisi kedua dengan perolehan poin sama seperti pasukan Shin Tae-yong. Hanya saja mereka kalah dalam produktivitas gol.

Dalam duel melawan anak asuh Park Hang-seo, Shin Tae-yong memang menerapkan formasi berbeda. Ia langsung memasang lima bek sekaligus yakni Asnawi Mangkualam, Rizki Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga Santosa, dan Pratama Arhan.

Kemudian di lini tengah, pelatih asal Korea Selatan tersebut sengaja mencadangkan Evan Dimas dan baru memainkannya di babak kedua.

Dengan adanya lima bek, Vietnam benar-benar dibuat frustrasi. Mereka mampu menciptakan 21 tembakan, namun tidak ada yang berbuah gol.

Taktik yang biasa disebut "parkir bus" ini langsung membuat fans Vietnam geram. Di postingan Facebook INDOSPORT, ada salah satu netizen dari Vietnam menyindir gaya permainan timnas Indonesia.

"Indonesia kalian tidak pantas melanjutkan. Tim yang bermain sepak bola kotor. Memalukan tidak berani menyerang. Seluruh Asia akan menilai tim Anda," tulis Hieu Kien Tran.
 
"Kalian terus bermain sepak bola seperti ini, tidak akan pernah membaik selamanya," imbuhnya.