In-depth

Wasit Berulah Terus, Mimpi Scudetto AC Milan Kapan Kenyataan?

Selasa, 18 Januari 2022 20:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Jonathan Moscrop/Getty Images
Keputusan kontroversial wasit yang merugikan AC Milan di laga Liga Italia menghadapi Spezia lagi-lagi mengganjal mimpi I Rossoneri untuk merengkuh scudetto. Copyright: © Jonathan Moscrop/Getty Images
Keputusan kontroversial wasit yang merugikan AC Milan di laga Liga Italia menghadapi Spezia lagi-lagi mengganjal mimpi I Rossoneri untuk merengkuh scudetto.

FOOTBALL265.COM - Keputusan kontroversial wasit yang merugikan AC Milan di laga Liga Italia menghadapi Spezia lagi-lagi mengganjal mimpi I Rossoneri untuk merengkuh gelar scudetto pertama mereka dalam 12 tahun. 

AC Milan, sebuah klub raksasa yang sempat kehilangan taringnya di kancah sepak bola Italia. Jika merunut ke belakang, Rossoneri terakhir kali tercatat sebagai kampiun Serie A Liga Italia pada musim 2010-2011.

Ya, sudah satu dekade lebih mereka tidak menikmati manisnya gelar scudetto dalam genggaman. Massimiliano Allegri adalah sosok penting di balik scudetto Rossoneri kala itu. Akan tetapi setelahnya, raksasa kota Milan ini berkali-kali gagal meraih predikat raja sepak bola di kompetisi teratas Liga Italia.

Yang teranyar, mereka nyaris jadi juara musim lalu (2020-2021) andaikata tidak kalah perolehan poin dari sang rival sengit, Inter Milan.

Untuk diingat kembali, Nerazzurri tampil sebagai kampiun Serie A Liga Italia 2020-2021 dengan 91 poin dari 38 pertandingan.

Rossoneri berada di posisi runner-up dengan 79 poin, hanya berselisih satu angka dari dua pesaing di bawah mereka yakni Atalanta dan Juventus (78 poin). Sementara itu, Napoli juga menempel cukup ketat (77 poin).

Meski begitu, Stefano Pioli sebagai juru taktik mendapat apresiasi yang cukup baik lantaran bisa membawa AC Milan tampil impresif musim lalu, termasuk membawa mereka kembali ke panggung Eropa.

Kemenangan krusial AC Milan pada pekan terakhir Serie A Liga Italia 2020-2021 saat melawan Atalanta jadi kunci keberhasilan pamungkas Stefano Pioli dan para pemainnya.

Dua penalti Franck Kessie membawa mereka menang 2-0 dan menyalip Atalanta di klasemen. Status runner-up dan posisi empat besar untuk tampil di Liga Champions pun berhasil dikantongi.

Pada 2021-2022, AC Milan kembali ke Eropa setelah tujuh tahun lamanya. Terakhir kali, mereka berpartisipasi pada musim 2013-2014, ketika ditendang keluar oleh Atletico Madrid di fase 16 besar.