Bola Internasional

Agenda Timnas Indonesia U-23 Usai Mundur dari Piala AFF U-23: Ditunggu 2 Event

Jumat, 11 Februari 2022 13:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 akhirnya resmi mengundurkan diri dari Piala AFF U-23 karena badai Covid-19. Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 akhirnya resmi mengundurkan diri dari Piala AFF U-23 karena badai Covid-19. Foto : Nofik Lukman Hakim

FOOTBALL265.COM Timnas Indonesia U-23 akhirnya resmi mengundurkan diri dari Piala AFF U-23 karena badai Covid-19. Lantas, agenda apa saja yang tersisa bagi Garuda Muda tahun ini?

Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia U-23. Jumat (11/02/22) pagi WIB, pasukan Garuda Muda mengumumkan pengunduran diri mereka dari ajang Piala AFF U-23 yang sedianya digelar di Kamboja pada 14-26 Februari 2022.

Dalam pernyataan resminya, PSSI menyebut pembatalan keikutsertaan ini diakibatkan merebaknya virus Covid-19 di tubuh skuat Indonesia U-23.

Setidaknya tujuh pemain dinyatakan positif terjangkit yakni Ronaldo Joybera, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo, dan Cahya Supriyadi, ditambah dengan satu orang staf.

Sementara itu, empat nama lain yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan wajib menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan para pemain yang sudah dipastikan positif.

Bahkan, pelatih Shin Tae-yong pun diketahui sempat mengeluh tak enak badan meski hasil tesnya menunjukkan negatif Covid-19.

Timnas Indonesia sendiri merupakan juara bertahan usai memenangi Piala AFF U-23 pada 2019 lalu, namun pasukan Shin Tae-yong ini kini dipastikan gagal mempertahankan gelar.

Pengunduran diri ini diketahui berawal dari Shin Tae-yong yang mengirimkan surat resmi kepada PSSI dan mengusulkan pembatalan keikutsertaan dari Piala AFF U-23 setelah melihat kondisi skuatnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong kemudian berdiskusi dan mengambil keputusan untuk mundur dari turnamen itu.

Melalui media sosial, asisten pelatih Nova Arianto pun kemudian meminta maaf kepada publik terkait keputusan ini.

“Kami meminta maaf dengan keputusan yang diambil ini dan mohon doanya dari masyarakat semua untuk kesembuhan semua anggota Tim Nasional baik pemain dan staff Tim Nasional sehingga semuanya bisa beraktivitas normal kembali,” tulis Nova dalam unggahan terbaru di akun Instagram-nya.