Liga Indonesia

Kian Jadi Sorotan, Teco Ingin PSSI Buatkan Program Khusus untuk Wasit Liga 1

Kamis, 24 Februari 2022 10:33 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

FOOTBALL265.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, tak mau sepihak menyalahkan wasit saat membuat keputusan salah dalam pertandingan Liga 1.

Teco lebih berharap PSSI membuatkan program khusus untuk meningkatkan kualitas pengadil lapangan.

Bali United cukup dirugikan wasit dalam laga melawan PSIS Semarang, Minggu (20/2/22). Ada beberapa kejadian yang seharusnya menjadi keuntungan bagi Bali United, namun tak digubris.

Salah satunya pelanggaran keras yang dilakukan Frendy Saputra kepada Jean Privat Befolo Mbarga. Winger asal Kamerun jelas dilanggar dari belakang oleh Frendy di kotak terlarang. Namun, penalti tak diberikan pada Bali United.

Teco menuturkan, bantuan harus diberikan PSSI untuk meningkatkan skill wasit Tanah Air. Salah satunya melakukan pelatihan dengan mendatangkan wasit luar negeri yang sudah pensiun.

"Saya pikir seharusnya PSSI ada program buat bantu semua wasit. Mungkin bisa datangkan wasit asing yang sudah pensiun untuk kasih banyak masukan buat mereka di Indonesia," kata Teco.

Peningkatan kualitas wasit sangat penting agar meningkatkan kualitas pertandingan Liga 1. Apalagi saat ini sudah terjadi pertarungan ketat di papan atas.