Liga Indonesia

Jejak Perantau dari Rusia di Liga Indonesia: Ada yang Dapat Hidayah Jadi Mualaf

Jumat, 4 Maret 2022 15:04 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Juni Adi
© bolaskor.com
Anatoli Polosin menjadi pelatih terukses Timnas Indonesia. Copyright: © bolaskor.com
Anatoli Polosin menjadi pelatih terukses Timnas Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Berikut jejak pelatih dan pemain asal Rusia yang pernah berkarier di Indonesia, termasuk ada yang mendapat hidayah kemudian memutuskan menjadi mualaf.

Anatoli Polosin

Anatoli Polosin lahir di Moskow, Rusia pada 30 Agustus 1935. Dirinya merupakan pelatih yang berhasil membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 silam.

Pelatih asal Rusia itu benar-benar menerapkan tipe latihan bak tentara kepada para pemain timnas Indonesia yang saat itu diperkuat oleh Widodo C Putro dan Rocky Putiray.

Salah satu mantan kiper timnas Indonesia era 1991 yakni Erick Ibrahim sempat mengungkapkan sadisnya latihan ala Anatoli Polosin kepada redaksi media olahraga INDOSPORT.

Ia mengaku harus menjalani latihan tiga kali sehari (pagi,siang,sore) dan disuruh berlari menaiki gunung di daerah Cimahi hingga adzan Maghrib.

"Latihan waktu itu gila-gilaan. Latihan kami waktu itu bukan strategi. Yang ditempa adalah fisik dan kekuatan," kata Erick.

"Satu bulan sebelum berangkat ke Filipina, kami latihan di Bandung. Pagi latihan di lapangan, siang di GOR, sorenya kami naik gunung. Itu gunung yang di Cimahi kami naiki," ucapnya menambahkan.