In-depth

Anggita Persija Bahas Sepak Bola Putri: Pengalaman Haid dan Kesurupan di Stadion

Sabtu, 19 Maret 2022 18:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© @anggitaoktavv
Anggita Oktaviani, pemain Persija Jakarta Putri di Liga 1 Putri, buka-bukaan tentang pengalamannya haid saat bertanding dan kesurupan di stadion. Copyright: © @anggitaoktavv
Anggita Oktaviani, pemain Persija Jakarta Putri di Liga 1 Putri, buka-bukaan tentang pengalamannya haid saat bertanding dan kesurupan di stadion.

FOOTBALL265.COM - Anggita Oktaviani, pemain Persija Jakarta Putri di Liga 1 Putri, buka-bukaan tentang pengalamannya haid saat bertanding dan kesurupan di stadion.

Sebagaimana diketahui, Anggita Oktaviani adalah pesepak bola putri yang menjadi andalan lini pertahanan Persija Jakarta.

Menurut Cabe, sapaan akrab Anggita, tak ada perbedaan kebiasaan antara sepak bola laki-laki dan perempuan. Sebelum latihan, ia tak harus mandi dan berdandan.

"Kalau Cabe sendiri sama, nggak mandi, kayak cuma cuci muka, sikat gigi, sarapan juga males kalau baru bangun, paling roti, terus skincare-an, pakai sunscreen."

"Tapi ada juga (yang dandan), atau yang dibangunin lama banget, ada yang pakai alis, sampai kita kesel banget, dimarahin tapi dibecandain, yang telat kena hukum."

Namun, satu hal yang sangat membedakan sepak bola laki-laki dan perempuan, karena Anggita dkk merasakan haid setiap bulan. 

"Tapi beda lagi kalau dia lagi haid, kalau lagi haid kan tuh semua badan pada sakit, tetap latihan, tapi ditanya dulu nih sebelumnya sama pelatih, ada yang lagi dapet nggak?"

"Kalau sudah hari ketiga, ikut latihan, kalau yang hari pertama atau kedua, itu disuruh istirahat dulu, cuma kalau dia kuat ya sudah ikutan," paparnya di Youtube Capt Hamka.

Anggita Oktaviani tak ragu memaparkan pengalamannya saat haid, tapi harus tetap bertanding membela Persija Jakarta Putri.

"Cabe juga pernah lagi hari pertama haid ada pertandingan liga, pinggang pada sakit, pengen emosi, tapi malah di lapangan enak, kencang, karena kita geregetan," curhatnya.