Bola Internasional

Mengenang 5 Turnamen Bersejarah yang Telah Hilang dari Sepak Bola: Ada Piala 'Judi'

Minggu, 20 Maret 2022 13:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter Soy Calcio
Selebrasi pemain AC Milan usai memastikan diri menjuarai Piala Interkontinental, 9 Desember 1990. Copyright: © Twitter Soy Calcio
Selebrasi pemain AC Milan usai memastikan diri menjuarai Piala Interkontinental, 9 Desember 1990.

FOOTBALL265.COM – Berikut lima turnamen antar klub paling bersejarah yang kini telah hilang dan tak terdengar lagi kabarnya di kancah sepak bola.

Dalam perkembangannya, sepak bola banyak melahirkan turnamen-turnamen bergengsi yang digelar setiap tahunnya baik di kancah domestik dan kontinental.

Sebagai contoh ada Piala Interkontinental. Turnamen yang kini berubah nama menjadi Piala Dunia Antarklub ini merupakan salah satu turnamen yang mulai terlupakan.

Kejuaraan ini sebelumnya merupakan ajang yang hanya mempertemukan antara juara Liga Champions dengan juara Copa Libertadores.

Piala Interkontinental telah digelar sejak 1960 dan diselenggarakan di Jepang dan disponsori Toyota. Alhasil, nama kejuaraan ini terkadang disebut Piala Toyota.

Namun pada 2004, kejuaraan ini dibubarkan oleh FIFA dan diganti oleh Piala Dunia Antarklub yang dimulai sejak tahun 2005.

Berbeda dengan Piala Interkontinental, Piala Dunia Antarklub mempertemukan seluruh jawara dari setiap kompetisi masing-masing benua.

Meski telah berubah nama dan format, gelaran Piala Interkontinental masih diingat sebagai salah satu turnamen yang sangat menghibur.

Apalagi setiap tahunnya, ajang tersebut dihuni oleh dua tim terbaik dari Eropa dan Amerika Selatan yang dibela berbagai bintang papan atas.

Berbicara soal turnamen terlupakan, ada beberapa turnamen lainny yang juga mulai terlupakan dan kini tak lagi digelar sama sekali.

Lantas, apa saja turnamen-turnamen terlupakan tersebut?