Liga Indonesia

Diambang Juara Liga 1, Teco Bicara Persebaya dan Kebangkitan Persik Kediri

Rabu, 23 Maret 2022 03:36 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, bicara peluang timnya juara Liga 1 serta peluang Persib yang jadi rival terdekat. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, bicara peluang timnya juara Liga 1 serta peluang Persib yang jadi rival terdekat.

FOOTBALL265.COM - Bali United sudah selangkah menapaki gelar Liga 1 2021/2022. Kepastian itu bisa dilakukan sendiri andai mampu membungkam Persebaya atau berharap Persik menahan Persib Bandung, Jumat (25/3/22) nanti.

Bali United sudah mengumpulkan 72 poin. Untuk mengunci gelar Liga 1, Fadil Sausu dkk. hanya butuh satu poin lagi. Koleksi 73 poin sudah tak lagi bisa digeser Persib sebagai rival utama.

Satu poin bisa didapat hanya dengan menahan imbang Persebaya. Namun faktanya, menahan Persebaya juga bukan perkara mudah.

Bajul Ijo kembali kuat dengan kehadiran Ricky Kambuaya. Pada aksi terakhirnya, Persebaya hampir saja membuat Persib kalah.

Sayangnya, gelombang serangan pada laga 19 Maret 2022 lalu hanya berbuah satu gol lewat Kambuaya. Laga berakhir 1-1 karena Persib sempat unggul lewat David da Silva.

Selain itu, pada pertemuan pertama di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, 5 Januari 2022, Bali United takluk 1-3 dari Persebaya.

Kala itu, tiga gol Persebaya dicetak Samsul Arif menit ke-5, Bruno Moreira menit ke-65 dan Marselino Ferdinan menit ke-74. Satu gol Bali United dicetak Eber Bessa menit ke-14.

Fakta tentang kekuatan Persebaya diakui pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Bapak dua anak ini benar-benar tahu Persebaya karena awal karirnya di Indonesia dimulai dari Persebaya.

"Saya kerja empat hingga lima tahun di Persebaya. Saya tahu benar kota Surabaya. Saya tahu karakter dari pemain Persebaya. Mereka punya kualitas," kata Teco.

Untuk itu, Bali United perlu membuang pikiran tentang unggul lima poin dari Persib. Para pemain perlu fokus pada tiga latihan agar maksimal ketika melawan Persebaya.

"Kita harus respect sama Persebaya, harus kerja keras buat dapat hasil positif. Setelah itu baru kita bisa menikmati (juara)," tutur Teco.