Bola Internasional

Ranking Terbaru FIFA: Brasil Teratas, Timnas Indonesia Ungguli 5 Negara Eropa

Jumat, 1 April 2022 10:11 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Isman Fadil
© fifa.com
Berikut ranking FIFA terbaru negara-negara di dunia yang dirilis Kamis (31/03/22), di mana Brasil kembali berada di posisi teratas, sementara Timnas Indonesia berhasil ungguli 5 negara Eropa. Copyright: © fifa.com
Berikut ranking FIFA terbaru negara-negara di dunia yang dirilis Kamis (31/03/22), di mana Brasil kembali berada di posisi teratas, sementara Timnas Indonesia berhasil ungguli 5 negara Eropa.

FOOTBALL265.COM - Berikut ranking dunia FIFA terbaru dirilis Kamis (31/03/22), di mana Brasil kembali berada di posisi teratas, sementara Timnas Indonesia berhasil ungguli 5 negara Eropa.

Setelah 5 tahun terlempar dari singgasana sebagai tim nomor 1 dunia, kini Brasil akhirnya kembali ke sebagai pemuncak ranking FIFA pada edisi Maret 2022.

Dua kemenangan yang berhasil diraih Tim Samba atas Chili (4-0 di kandang) dan Bolivia (4-0 tandang) di lanjutan kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022 mengantarkan mereka untuk menyalip Belgia sebagai pemimpin ranking dunia FIFA sebelumnya.

Pasukan Roberto Martinez berada di tempat pertama selama tiga tahun terakhir. Akan tetapi, mereka harus rela memberikan tempatnya kepada Brasil, setelah hanya bermain imbang 2-2 dalam pertandingan persahabatan melawan Republik Irlandia awal pekan ini.

Belgia kini berada di tangga kedua ranking FIFA, di atas Prancis yang posisinya tetap tidak berubah di peringkat ke-3. Di bawah posisi tiga teratas ada sejumlah tim-tim besar lainnya seperti Argentina di posisi ke-4 dan Inggris di posisi ke-5.

Sedangkan Italia yang akan absen di Piala Dunia Qatar 2022, setelah kalah secara memalukan dari Makedonia Utara di babak play-off, berada di posisi 6 disusul oleh Spanyol di peringkat ke-7.

Tabel ranking FIFA edisi Maret 2022 ini akan digunakan untuk menghitung pot unggulan dalam undian final Piala Dunia Qatar 2022 yang akan berlangsung Jumat (01/04/2022).

Adapun peningkatan signifikan dalam ranking FIFA terbaru dialami oleh Kepulauan Cook (Oseania), Selandia Baru (Oceania) dan Kosta Rika (Amerika Utara).

Kepulauan Cook berhasil menembus ranking FIFA untuk pertama kalinya dan kini bertengger di posisi 190 dunia, sedangkan Selandia Baru yang belum lama ini memenangkan kejuaraan antar negara Oseania, naik 10 peringkat dari 111 ke 101.

Sementara itu, Kosta Rika yang telah mengantongi tiga kemenangan beruntun di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Utara, naik 11 peringkat dari posisi 42 ke posisi 31 dunia.