Liga Inggris

Berkah Ramadan, Otoritas Liga Inggris Beri Keistimewaan untuk Pemain Muslim Saat Berpuasa

Selasa, 5 April 2022 18:40 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sabtu pekan lalu menandai awal Ramadhan tahun ini bagi umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali sejumlah pemain muslim di Liga Premier Inggris. Kebijakan istimewa pun diterapkan demi mempermudah para pemain muslim yang menjalankan puasa. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sabtu pekan lalu menandai awal Ramadhan tahun ini bagi umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali sejumlah pemain muslim di Liga Premier Inggris. Kebijakan istimewa pun diterapkan demi mempermudah para pemain muslim yang menjalankan puasa.

FOOTBALL265.COM – Sabtu pekan lalu menandai awal Ramadan tahun ini bagi umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali sejumlah pemain muslim di Liga Inggris.

Kebijakan istimewa pun diterapkan demi mempermudah para pemain muslim yang menjalankan puasa di tengah Pertandingan.

Liga Inggris telah dikenal secara luas sebagai salah satu liga elite Eropa yang paling toleran terhadap pemain muslim yang merumput di kompetisinya.

Musim lalu dalam laga antara Leicester City dan Crystal Palace di King Power Stadium, ada jeda dalam permainan untuk memungkinkan bek Foxes Wesley Fofana dan gelandang Eagles Cheikhou Kouyate untuk berbuka puasa.

Menjalani puasa – tidak makan atau minum di siang hari –merupakan tantangan bagi pesepakbola profesional Muslim yang cenderung mengubah porsi pelatihan mereka untuk mengatasi kerasnya bulan ini.

Musim lalu, ada kesepakatan informal antara kapten di Liga Inggris untuk memberikan jeda singkat pada tendangan gawang atau lemparan ke dalam sehingga pemain Muslim mana pun dapat berbuka puasa.

Musim ini pun demikian, meski tidak ada panduan resmi yang diberikan kepada tim papan atas karena tidak mempengaruhi setiap pertandingan, kapten dapat kembali meminta istirahat minum pada saat yang tepat dalam permainan selama pertemuan pra-pertandingan mereka dengan wasit.

Dari 52 pertandingan Liga Inggris yang dijadwalkan berlangsung di bulan Ramadan, ada sembilan pertandingan malam di mana pemain mungkin perlu berbuka puasa selama pertandingan.

Setelah matahari terbenam, itu akan memungkinkan pemain yang sedang menjalani puasa untuk datang ke sisi lapangan dan dengan cepat mengambil cairan atau suplemen energi sebelum melanjutkan permainan.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dasar-dasar Ramadan.

Anggota Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) telah dipesan untuk mengikuti seminar yang dipimpin oleh Nujum Sports pada hari Jumat.

Di Inggris sendiri puasa Ramadhan akan dimulai antara pukul 04:00 dan 05:00 subuh waktu setempat dan berakhir antara pukul 19:30 dan 20:30 malam hari.