Liga Indonesia

Marc Klok Rela Pangkas Waktu Liburan Demi Timnas Indonesia

Selasa, 12 April 2022 12:52 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/Football265.com
Usaha pemain Persib, Marc Klok untuk menghindar dari kejaran pemain Persebaya. Foto: Nofik Lukman Hakim/Football265.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Football265.com
Usaha pemain Persib, Marc Klok untuk menghindar dari kejaran pemain Persebaya. Foto: Nofik Lukman Hakim/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengaku rela waktu istirahat dan liburannya lebih singkat setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, demi bergabung dengan Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Marc Klok menjadi satu dari 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan SEA Games 2021.

Pemusatan latihan atau Training Center (TC) Timnas Indonesia U-23 ini akan digelar di Korea. Sebelum berangkat ke Korea Selatan pada pekan ini, skuad Garuda Muda berkumpul dan berlatih terlebih dahulu di Jakarta.

“Tidak masalah, tentunya liburan dan istirahat sangat penting bagi tubuh dan pikiran. Tetapi, bermain untuk negara adalah hak istimewa,” kata Marc Klok dikutip dari laman Persib, Senin (11/04/22).

Pemain yang menggunakan nomor punggung 23 ini sangat bersemangat untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, pasalnya memperkuat skuat Garuda merupakan cita-citanya setelah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Selain itu, Marc Klok tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk itu dia akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan bertekad membawakan Timnas Indonesia meraih prestasi.

“Anda harus selalu siap ketika panggilan datang. Saya memiliki tujuan dan target pribadi dan ingin mencapai banyak hal. Jadi pekerjaan harus dilanjutkan,” tegasnya.

Sebagai informasi, Marc Klok memang sudah lama menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI). Namun meski sudah menjadi WNI, Klok belum bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

Hal ini dikarenakan Klok tidak bisa menunjukkan atau membuktikan dirinya memiliki keturunan Indonesia. Alhasil, Marc Klok harus menunggu waktu lima tahun berada di Indonesia sesuai dengan regulasi FIFA.

Bila berkaca peraturan tersebut, Klok baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada April ini. Bak gayung bersambut, ternyata Klok sudah didaftarkan dalam skuat Timnas Indonesia di SEA Games 2022 pada bulan Mei.