Liga Indonesia

Dinilai Keteteran, PSSI Bakal Pangkas Tugas Shin Tae-yong dari Timnas Senior?

Selasa, 7 Juni 2022 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Football265.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Football265.com Copyright: © Arif Rahman/Football265.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong cukup keteteran tangani tiga kelompok Timnas. Ada kemungkinan, juru taktik asal Korea Selatan itu difokuskan ke satu tim saja. 

Shin Tae-yong kini menangani Timnas U-19/20, U-23 dan senior. Hal itu membuat fokusnya terbagi dan hasilnya dinilai kurang maksimal. 

Ketum PSSI menjelaskan akan melakukan diskusi dengan Shin Tae-yong setelah pulang dari Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. 

"Kualifikasi lagi jalan, nanti Shin Tae-yong pulang, kami akan rapat kembali. Seperti kemarin di Bandung, kami panggil yang bersangkutan memaparkan road map-nya, saya bilang kenapa tidak sesuai target," buka Ketum PSSI. 

"Sebenarnya kami ingin dia (Shin Tae-yong) khusus U-20, dari awal pertama kami kontrak, tapi Shin Tae-yong ingin semua ditangani, U-20, U-23, dan senior.  Dia ingin lihat perkembangan dari junior ke senior," katanya.

"Ternyata mungkin sekarang menurut saya keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut," lanjut Iwan Bule, sapaan M. Iriawan. 

Melihat situasi yang ada, PSSI berencana memangkas tugas Shin Tae-yong. Federasi ingin juru taktik 52 tahun itu fokus ke Timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

Pasalnya, Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Kemungkinan Timnas U-23 diserahkan ke pelatih lain. 

"Kami akan diskusikan, kami akan rekomendasikan, rencananya kalau bisa hanya untuk kelompok umur saja. Kalau penggantinya lihat dulu, karena Shin Tae-yong belum tentu hanya mau U-20," jelas Ketum PSSI. 

"Saya yakin kalau senior dan U-20 kami kasih kan, kalau U-23 biar kami serahkan ke yang lain," katanya.