Bola Internasional

Manajer Timnas Bocorkan Kans Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Jumat, 17 Juni 2022 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia akan bermain di Piala Asia 2023. Skuat Garuda lolos ke putaran final berkat label salah satu dari lima runner-up terbaik kualifikasi. 

Dengan kelolosan ke Piala Asia tahun depan, Indonesia berpeluang mengajukan diri sebagai tuan rumah. AFC telah membuka kesempatan kepada 24 peserta untuk maju. 

Kesempatan itu disambut baik manajer timnas, Sumardji. Dia menilai akan lebih menguntungkan andaikan Indonesia menjadi tuan rumah dan bermain di hadapan pendukung sendiri. 

Namun tentu harus didiskusikan terlebih dulu dengan PSSI. Pasalnya, Indonesia juga menjadi tuan rumah event besar di 2023, yakni Piala Dunia U-20. 

"Ya, itu nanti dilihat (jadi tuan rumah),  harus ikut perkembangan. Saya mendapat informasi Jepang juga mengajukan tuan rumah," kata Sumardji. 

"Kalau harapan kita, akan lebih baik kalau misalkan Piala Asia 2023 tuan rumahnya Indonesia, harapannya itu," imbuh petinggi Bhayangkara FC tersebut. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan federasi tertarik menjadi tuan rumah Piala Asia 2023  Tapi, jadwal kejuaraan itu dan Piala Dunia U-20 sangat mepet, sehingga berpotensi membuat mereka keteteran sendiri. 

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir 16 Juni-16 Juli 2023, sedangkan Piala Dunia U-20 bisa saja dimainkan 20 Mei-12 Juni (mengacu jadwal 2021 sebelum batal akibat pandemi).