Liga Indonesia

Ukir Sejarah di Timnas Indonesia, Begini Respons Berkelas Wonderkid Persebaya

Jumat, 17 Juni 2022 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga uji coba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga uji coba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, mencatatkan sejarah di Kualifikasi Piala Asia 2023. Dia jadi pemain termuda yang bisa cetak gol di ajang tersebut. 

Gol Marselino lesakan ke gawang Nepal di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, dua hari lalu. Gol itu dibuatnya di usia 17 tahun. 

Oleh sebab itu, pemain milik Persebaya Surabaya tersebut sangat bahagia. Dia juga tak lupa berterima kasih ke pemain lain yang telah membantunya dan juga pelatih Shin Tae-yong yang begitu percaya padanya. 

"Bersyukur dan bangga bisa cetak gol di sana. Terlepas dari itu, terima kasih buat kerja keras pemain lain dan pelatih yang kasih kesempatan buat saya," ujar Marselino. 

Selama Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino selalu bermain di tiga pertandingan saat lawan Kuwait, Yordania dan Nepal. Dia dimasukan pada babak kedua, menggantikan pemain senior lain.

Selepas Kualifikasi Piala Asia 2023, Marselino dipastikan tetap sibuk di Timnas Indonesia. Dia berpeluang besar dipanggil ikut Piala AFF U-19 bulan depan, lalu Kualifikasi Piala Asia U-20, FIFA match day (senior) hingga Piala Dunia U-20 tahun depan, termasuk Piala Asia. 

"Saya siap selalu, tergantung apakah dipanggil atau tidak sama pelatih," ujar Marselino. 

Walau masih berusia sangat muda, Marselino Ferdinan sudah menunjukkan tajinya di sepak bola nasional. Bersama Persebaya, dia catatkan 4 gol dari 23 penampilan di Liga 1 2021/22.

Adik Oktafianus Fernando itu juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2021. Performa apik Marselino membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggilnya ke timnas U-19, U-23 dan senior. Debutnya di senior terjadi saat lawan Bangladesh.

Penampilan sangar Marselino bersama Timnas Indonesia dan Persebaya mulai menarik perhatian klub luar. Ibu sang pemain, Ani membocorkan ada klub luar yang sudah ajukan penawaran.

Tetapi, hal tersebut diserahkan ke agensi Marselino karena gelandang muda itu belum genap 18 tahun atau belum penuhi syarat untuk proses transfer. Rumor yang berembus, Marselino Ferdinan diincar klub dari tiga negara Eropa yakni Portugal, Hungaria, dan Republik Ceko.