Bola Internasional

PSSI Lanjutkan Naturalisasi Jordi Amat Walau Main di JDT, Ini Alasan Paling Masuk Akal

Sabtu, 16 Juli 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Jordi Amat tiba di Jakarta. Copyright: © PSSI
Jordi Amat tiba di Jakarta.

FOOTBALL265.COM - PSSI akan melanjutkan proses naturalisasi Jordi Amat, walaupun bek berusia 30 tahun itu akan bermain di Johor Darul Takzim, yang ada di Liga Malaysia.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Hasani Abdulgani, Exco PSSI yang menangani proses naturalisasi pemain keturunan, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Menurut Hasani Abdulgani, Jordi Amat adalah pemain terbaik dibandingkan dua pemain lainnya, dengan pengalamannya bermain di Eropa, dan sudah usia senior.

Jordi Amat juga merupakan nama yang direkomendasikan langsung oleh pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Dasarnya kan dulu STY memilih mereka ini, melihat dari skill mereka. Mereka bermain di Eropa, mempunyai skill rata-rata di atas pemain yang ada di Indonesia," ujar Hasani.

"Jordi Amat, dari semua pemain yang kita ambil, sebenarnya dia ini yang terbaik. Dia pernah bermain di Premier League, pernah main di Liga Spanyol," tambah Hasani lagi.

"Dia (Jordi Amat) pernah bermain dengan (Cristiano) Ronaldo, dia pernah bermain dengan (Lionel) Messi, jadi apa lagi yang ditanyakan," ujarnya di Youtube Registaco.

Sekadar informasi, berkas naturalisasi Jordi Amat sudah melalui proses konfirmasi di Kemenpora, Kemenkumham, kemudian Kemensetneg, lalu di-review lagi oleh DPR.

Saat ini, DPR masih mempertimbangkan berkas Jordi Amat, dan jika sudah rampung, maka akan dibuatkan Keputusan Presiden dan ditandatangani oleh Joko Widodo.

Setelahnya, Jordi Amat akan mengantongi paspor. Jika sudah dapat rekomendasi FIFA, barulah ia bisa membela timnas Indonesia.