Liga Indonesia

Ikut TC Timnas Indonesia, Ini Pesan Firman Utina untuk Sang Anak Rahyan Utina

Sabtu, 3 September 2022 21:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Zainal Hasan/Football265.com
Firman Utina beri nasihat soal bagaimana cara memperkuat mental ke Rayhan Utina yang tengah bersiap mengikuti seleksi kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Copyright: © Zainal Hasan/Football265.com
Firman Utina beri nasihat soal bagaimana cara memperkuat mental ke Rayhan Utina yang tengah bersiap mengikuti seleksi kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

FOOTBALL265.COM – Firman Utina memberi nasihat soal bagaimana cara memperkuat mental ke sang anak Rayhan Utina yang tengah bersiap mengikuti seleksi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebagai seorang legenda timnas Indonesia yang sudah malang-melintang di kancah sepak bola, tentu Firman Utina paham betul kerasnya perjuangan agar bisa menjadi pesepak bola professional.

Belum lagi, berbagai komentar dari penggemar sepak bola yang tak selalu positif terkadang bisa membuyarkan fokus pada saat berlatih maupun bertanding.

Apalagi, saat ini dunia digital sudah semakin melaju pesat dibanding pada era kejayaan Firman Utina di masa silam.

Tak menampik, berbagai komentar pedas dari netizen tak bisa dihindarkan oleh Rayhan Utina di tengah kariernya di kancah sepak bola pada masa yang akan datang.

Kendati begitu, Firman Utina wanti-wanti kepada sang anak untuk mempersiapkan mental yang tangguh sejak dini.

“Kepada Rayhan saya nasihatkan yang terpenting kita menjadi pesepak bola harus ramah dengan orang, respek itu penting, serta sikap disiplin harus dijalani,” ungkap Firman Utina kepada awak INDOSPORT, Selasa (30/08/22), di bilangan Jakarta Pusat.

“Jangan banyak neko-neko, sehingga orang tahu bahwa kita betul-betul fokus di sepak bola,” ujarnya.

Lebih lanjut, Firman Utina sedikit menceritakan soal pengalaman dirinya waktu masih aktif mengikuti kejuaraan sepak bola nasional.

Tak terelakkan, sebagai pesepak bola yang namanya gemilang pada masa jayanya beberapa tahun silam, Firman Utina juga kerap mendapatkan cacian ataupun sanjungan.

Kendati begitu, diakui pria kelahiran Manado itu, netizen juga merupakan bagian dari prestasi yang ditorehkannya.