In-depth

Ramadhan Sananta: Penerus Tinta Emas Ferdinand Sinaga di PSM Makassar

Minggu, 18 September 2022 11:25 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Selebrasi penyerang belia PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, setelah mencetak gol keduanya ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/23 Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Selebrasi penyerang belia PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, setelah mencetak gol keduanya ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/23

FOOTBALL265.COM - Berikut profil dan fakta menarik Muhammad Ramadhan Sananta yang dicap sebagai penerus tinta emas Ferdinand Sinaga bersama klub raksasa Liga 1, PSM Makassar.

“Saya minta tolong, jika kalian tahu penyerang yang bagus, silakan rekomendasikan ke saya,” demikian statement pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang gusar melihat minimnya goal getter lokal tanah air, Rabu (06/07/22) silam.

Dua bulan berselang, pelatih asal Korea Selatan ini pun dibuat terkeseima oleh penampilan Ramadhan Sananta bareng Pasukan Ramang pada awal musim kompetisi sepakbola tertinggi tanah air.

Torehan 3 gol dari 6 kali turun gelanggang membuat pesepakbola asal Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, ini menyita perhatian stakeholders sepak bola nasional.

Alhasil, Sananta pun masuk dalam daftar 23 pemain Timnas Indonesia untuk melakoni FIFA Matchday vs Curacao pada 24 dan 27 September nanti. Ia bahkan menjadi striker termuda yang dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Padahal tak ada yang memprediksi nasib penyerang kelahiran 27 November 2002 ini akan melesat cepat. Pasalnya, Ia hanyalah pelapis Everton Nascimento di PSM Makassar.

Pada ajang pra-musim Piala Presiden 2022, Sananta hanya dipercaya main dua kali oleh pelatih Bernardo Tavares dengan total 103 menit tanpa menghasilkan sebiji gol pun.

Begitupun di hajatan AFC Cup 2022, pemain setinggi 182 cm ini hanya mencatatkan 41 menit bermain dari 2 laga (0 gol) sekalipun Willem Jan Pluim cs., sukses menembus final zona ASEAN.

Ya, perjalanan Ramadhan Sananta untuk bisa tampil  reguler bersama klub berlogo Perahu Pinisi terbilang cukup berliku dan membutuhkan waktu yang relatif lama.

Namun, kesabaran dan kerjas kerasnya saat latihan pun berbuah hasil manis. Tak cuma membukukan gol perdana di Liga 1 2022/2023, Ia bahkan menembus skuat timnas senior di usia 19 tahun.