Bola Internasional

Hasani Abdulgani Kapok Urus Naturalisasi, Begini Nasib Calon Pemain Timnas U-20

Jumat, 23 September 2022 20:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

FOOTBALL265.COM - EXCO PSSI Hasani Abdulgani mengaku kapok menjadi ujung tombak yang mengurus proses naturalisasi. Lantas, bagaimana nasib Timnas Indonesia U-20?

Sebagaimana diketahui, proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia di Eropa, Jordi Amat dan Sandy Walsh hampir rampung. Mereka akan mengangkat sumpah jadi WNI.

Sementara berkas pengajuan naturalisasi Shayne Pattynama sudah masuk review di DPR, dan akan segera menyusul koleganya untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Saat berbincang dengan komentator sepak bola Binder Singh, Hasani Abdulgani tegas menyampaikan bahwa saat ini belum ada lagi wacana untuk melakukan naturalisasi.

Naturalisasi baru akan dikaji dan dilakukan jika ada pengajuan dari pelatih kepala Tim Nasional Indonesia, yaitu Shin Tae-yong.

Namun belakangan, ada wacana untuk me-naturalisasi pemain keturunan usia muda, untuk Timnas Indonesia U-20.

"Kalau bicara tim senior, untuk sementara hanya tiga nama ini. Dia (Shin) mengajukan empat nama, tapi naturalisasi ini kan belum tentu si pemain itu mau," ungkap Hasani.

"Yang saya dapat berita, walaupun saya nggak mau terlibat lagi di urusan ini, karena bukan bidang saya, yaitu pemain untuk tim junior U-20 untuk Piala Dunia," lanjutnya.

"Dengan harapan supaya kekuatan kita bisa berimbang lah saat ikut Piala Dunia," tutur salah satu komite eksekutif PSSI tersebut.

Ya, setelah Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023, skuat besutan Shin Tae-yong dipastikan bermain di Piala Dunia U-20, dengan status sebagai tuan rumah.