Liga Indonesia

Shin Tae-yong Belum Nyaman Bicara Kontrak di Timnas Indonesia, Kenapa?

Selasa, 27 September 2022 09:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

FOOTBALL265.COM - PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan menyatakan akan memperpanjang kontrak pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kinerja juru taktik berusia 52 tahun itu dianggap memuaskan. 

Selama menangani timnas Indonesia di beberapa kategori usia, Shin Tae-yong mampu menorehkan catatan apik. Dia meloloskan tim senior dan U-20 ke Piala Asia 2023.

Dia juga mengantarkan tim senior ke final Piala AFF 2020 dengan materi mayoritas pemain muda. Timnas U-23 diantarkan meraih medali perunggu di SEA Games 2021. 

Melihat progres pesat Shin Tae-yong di timnas Indonesia, Ketum PSSI menyampaikan akan berkoordinasi dengan Exco PSSI untuk membicarakan perpanjangan kontrak. 

Akan tetapi, hal tersebut belum diketahui Shin Tae-yong. Ia mengaku belum kepikiran untuk membicarakannya karena tenggat waktunya masih lama.

Eks pelatih Seongnam FC itu menjelaskan, kontraknya dengan PSSI baru akan berakhir Desember 2023. Shin Tae-yong ingin fokus ke Piala AFF 2022, Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 serta Piala Dunia U-20 2023. 

"Jujur tidak pernah bicara masalah perpanjangan kontrak sama PSSI, karena masih lama juga sampai Desember tahun depan. Jadi ini bukan tahap bicara harus memperpanjang kontrak atau tidak," kata Shin Tae-yong, Senin (26/9/22).

"Saya belum tahap bicarakan hal itu karena masih panjang setahun lagi. Saya belum bisa bicara sekarang, jujur belum ada pembicaraan," imbuh pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut. 

Shin Tae-yong mengatakan baru memikirkan atau membicarakan kontrak apabila sudah selesaikan beberapa event tahun depan bersama timnas Indonesia.

"Jujur saya juga belum tahu informasi itu karena kontrak masih lama, jadi belum waktunya pembicaraan. Sekarang, saya fokus ke Piala AFF dulu, Piala Asia jadi tidak kepikiran," cetus Shin Tae-yong.