Liga Indonesia

Bek Persija Jakarta Tanggapi Aturan Baru Kick-off Liga 1 dari FIFA

Jumat, 14 Oktober 2022 10:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© persija.id
Bek Persija Jakarta, Tony Sucipto, menanggapi rekomendasi Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, terkait jam kick-off kompetisi di Indonesia. Copyright: © persija.id
Bek Persija Jakarta, Tony Sucipto, menanggapi rekomendasi Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, terkait jam kick-off kompetisi di Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Bek klub Liga 1, Persija Jakarta, Tony Sucipto, menanggapi rekomendasi Induk organisasi sepak bola dunia, FIFA, terkait jam kick-off kompetisi di Indonesia.

Sebagai informasi, FIFA mengkritisi waktu kick-off Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang dinilai terlalu malam. Sehingga, mereka lantas merekomendasikan pertandingan maksimal berlangsung mulai pukul 17.00 atau jam 5 sore.

Bukan tanpa alasan FIFA menyoroti jam kick-off Liga 1. Kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini memang kerap berlangsung terlalu larut malam, yakni pukul 20.30 WIB.

Bahkan, tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, meletus tepat usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir terlalu larut malam sekitar pukul 21.50 WIB.  

Menurut Tony, sebagai pemain sepak bola profesional dia tidak mempersoalkan terkait jadwal kick-off pertandingan dan harus siap untuk menampilkan permainan terbaiknya serta mengikuti aturan yang diterapkan oleh operator kompetisi.

"Ya kalau kita sebagai pemain mau dijadwalin jam berapa ya harus siap," kata Tony Sucipto.

Meski demikian, Tony merasa senang dengan rekomendasi dari FIFA terkait kick-off pertandingan yang harus berlangsung pada sore hari. 

Pasalnya, jika pertandingan digelar malam hari sangat rawan terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama bagi keselamatan suporter.

"Ya mungkin kalau ada anjuran dari FIFA seperti itu ya kita juga siap, kita senang, tidak terlalu larut malam, kasihan suporter yang datang jauh, yang transportasinya susah kalau setelah pertandingan," ungkapnya.

"Bayangin pertandingan malam selesai jam 11 keluar dari Stadion, angkutan transportasinya sudah tidak jelas. Ya pastinya iya (rawan), karena satu transportasi, kedua keselamatan, mereka juga ada yang bawa kendaraan tapi perjalanan malam, jarak jauh, itu juga bisa membahayakan," jelasnya.