Liga Indonesia

Sumbang 4 Pemain ke Timnas Indonesia U-20, Persis Solo Ingin Kejar Persija Jakarta

Jumat, 14 Oktober 2022 13:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gol Persis Solo yang dicetak Irfan Jauhari. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gol Persis Solo yang dicetak Irfan Jauhari. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1, Persis Solo gembira ketika empat pemainnya dipanggil Timnas Indonesia U-20 untuk mengikuti pemusatan latihan di Eropa. Laskar Sambernyawa berharap bisa berkontribusi penuh pada tim Garuda Muda.

Persis Solo merupakan klub yang menyumbang banyak pemain ke skuat Shin Tae-yong. Persis Solo hanya kalah dari Persija Jakarta yang sukses meloloskan sembilan nama.

Empat nama yang dipanggil dari Persis Solo adalah Zanadin Fariz, Erlangga Setyo, Aulia Ramadhan dan Marcell Januar. Mereka melengkapi daftar 34 pemain yang diproyeksikan mengikuti pemusatan latihan di Eropa.

Ada dua negara yang dipilih PSSI untuk menempa Zanadin Fariz dkk. sebelum tampil di Piala Asia U-20 2023 serta Piala Dunia U-20 2023. Dua negara itu adalah Spanyol dan Turki.

Keberhasilan menyumbang empat nama ini disambut gembira Persis Solo, terutama dari staf kepelatihan Persis Youth. Bahkan, Persis Solo ingin mengejar kontribusi Persija dengan mengirimkan lebih banyak nama lagi.

"Tentunya ini langkah yang positif untuk Persis Youth. Semoga ke depannya bisa lebih banyak pemain yang mendapatkan pemanggilan serupa, karena dengan demikian, para pemain pastinya akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga," kata caretaker Persis U-20, Winaryo, Kamis (13/10/22).

Di Eropa, Timnas U-20 lebih mudah mendapatkan lawan-lawan tangguh. Selain klub-klub di Spanyol dan Turki, ada pula timnas usia muda dari kedua negara serta negara-negara terdekat lainnya.

Bagi Winaryo, kesempatan tersebut harus bisa dimaksimalkan Zanadin Fariz dkk. Kesempatan menimba ilmu jelas menjadi kesempatan langka dan belum tentu bisa terulang lagi.

Ketika para pemain bisa menunjukkan performa impresif, kesempatan mewakili Indonesia pada Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 sangat terbuka.

"Sebelum mereka berangkat, saya menyampaikan pesan agar mengikuti pemusatan latihan dengan baik. Mereka harus memberikan fokus terhadap sesi latihannya dan jangan menyia-nyiakan kesempatan agar dapat terus melangkah ke depan," tutur Winaryo.