In-depth

Tradisi dan Budaya Korea Selatan Buat Shin Tae-yong Berani Nyatakan Mundur dari Timnas Indonesia

Jumat, 14 Oktober 2022 13:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

FOOTBALL265.COM - Para pecinta sepak bola Tanah Air baru saja dibuat galau dengan pernyataan Shin Tae-yong, yang mengancam ingin mundur sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, tragedi Kanjuruhan yang membuat ratusan orang meninggal dunia membuat banyak netizen menuntut mundurnya ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Akan tetapi, tuntutan mundur dari netizen kepada Iwan Bule mendapatkan tanggapan mengejutkan dari pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut memberikan pernyataan di Instagram dengan mengancam ikut mundur dari Timnas Indonesia bila Iwan Bule meninggalkan jabatan Ketum PSSI.

"Saya dengan masyarakat Indonesia dapat mengembangkan sepak bola Indonesia bersama setelah saya datang ke Indonesia pada tahun 2020," tulis Shin Tae-yonng.

"Ini adalah prestasi atau hasil yang dibuat oleh para pemain, fans dan Ketua Umum PSSI yang memilih saya,"

"Sangat disayangkan nyatanya semua tanggung jawab dialihkan kepada Ketua Umum."

"Beliau telah mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Pasti bisa juga mengatasi keadaan ini dengan baik."

"Saya pun akan berusaha lebih keras agar sepak bola Indonesia lebih maju lagi,"

"Menurut saya, Bila Ketua Umum PSSI (Iwan Bule) harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," imbuhnya.

Banyak netizen yang beranggapan kalau ada sekelompok orang yang menyuruh Shin Tae-yong memberikan pernyatan tersebut.

Namun nyatanya banyak pemain Timnas Indonesia seperti Asnawi Mangkualam hingga Egy Maulana Vikri yang mendukung langkah tersebut.

Tim redaksi media olahraga INDOSPORT juga menilai kalau tidak ada settingan dalam ancaman Shin Tae-yong mundur dari Timnas Indonesia. Hal itu lantaran adanya tradisi dan budaya dari Korea Selatan. Berikut penjelasannya: