Liga Indonesia

Update Tragedi Kanjuruhan: Ditanya Soal Rapat Exco PSSI, Begini Jawaban Haruna Soemitro

Sabtu, 15 Oktober 2022 13:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Manajer Madura United,Haruna Soemitro, yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Manajer Madura United,Haruna Soemitro, yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI.

FOOTBALL265.COM - Salah satu anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro menyatakan tidak ada rapat Exco PSSI pada Jumat (14/10/22) malam WIB di Kantor PSSI, GBK Arena.

Padahal, sebelumnya Sekjen PSSI, Yunus Nusi menyampaikan hal tersebut. Haruna Soemitro keluar dari pintu samping GBK Arena bersama Ferry Paulus yang menjabat sebagai Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Tak banyak informasi yang disampaikan, meski sempat ditanyai beberapa awak media termasuk INDOSPORT

"Tidak ada rapat Exco,"ujar Haruna sambil memasuki mobil lalu pergi.

Awak media hingga saat ini masih menunggu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Tapi, yang bersangkutan belum kelihatan batang hidungnya.

Awak media pun tidak diizinkan untuk masuk dan naik ke lantai enam GBK Arena. Penjaga hanya meminta wartawan untuk menunggu di bawah atau di teras venue. 

Info adanya rapat Exco PSSI tersebut disinyalir menyikapi keterangan hasil investigasi dan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencarian Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Dalam rilis yang diterima INDOSPORT, TGIPF menyatakan, secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI. 

Namun dalam negara yang memiliki dasar moral dan etik serta budaya adiluhung, jadi sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral.