In-depth

Kisah Tasmania Berlin, Klub dengan Rekor Abadi di Bundesliga Jerman: Mustahil Disamai Bayern Munchen

Senin, 31 Oktober 2022 22:45 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© bundesliga.de
Logo Bundesliga Jerman 2018/19. Copyright: © bundesliga.de
Logo Bundesliga Jerman 2018/19.

INDOSPORT. COM - Tasmania Berlin bukanlah nama klub sepak bola Jerman yang mahsyur dalam skala internasional. Namun di negara asalnya, tim ini punya catatan rekor yang hampir mustahil disamai oleh siapapun.

Bahkan tim raksasa Bundesliga Jerman sekelas Bayern Munchen, rasanya juga tak akan sanggup mendekati, apalagi mengulang pencapaian Tasmania Berlin.

Kehidupan Tasmania Berlin sebagai klub sepak bola amat jauh dari torehan prestasi mentereng. Sejak tahun 1978, mereka hanya berkutat di divisi bawah, paling bagus hanya sampai kasta ketiga saja.

Kalau soal koleksi trofi juara, sebenarnya ada yang masuk ke lemari piala Tasmania Berlin. Musim 1996/97 dan 2018/19, Tasmania Berlin berhasil merajai kompetisi Verbandsliga Berlin.    

Sekedar informasi tambahan, Verbandsliga Berlin cuma merupakan ajang divisi keenam di struktur persepak bolaan Jerman. Tentu bukanlah sesuatu yang menarik untuk dibahas.

Eksistensi Tasmania Berlin kini berada di NOFV-Oberliga Nord, kompetisi kasta kelima sepak bola Jerman. Masih bukan suatu hal yang menarik sebagai bahan bahasan.

Namun kalau berkaca jauh lebih ke belakang lagi, tepatnya musim 1965/66, Tasmania Berlin pernah mencatatkan sesuatu yang spesial. Kala itu mereka mendapatkan rezeki tak terduga sehingga bisa merasakan menghiasi kasta tertinggi Bundesliga Jerman (sampai sekarang belum bisa diulangi lagi).

Kiprah Tasmania Berlin sepanjang ikut serta dalam Bundesliga Jerman 1965/66 amatlah buruk. Tasmania Berlin langsung terdegradasi akibat mendekam di posisi juru kunci klasemen akhir.

Walau demikian, ada sebuah rekor yang dipecahkan Tasmania Berlin. Menariknya, sampai sekarang belum ada satu tim manapun yang bisa menyamai atau melewati rekor mereka.

Bayern Munchen yang terkenal sebagai tim top penguasa Bundesliga Jerman, bahkan tak sanggup mendekati rekor Tasmania Berlin. Artinya, rekor yang dipegang Tasmania Berlin rasanya hampir mustahil disamai siapapun.