Piala Dunia 2022

Profil Tim Piala Dunia 2022: Australia, Menanti The Socceroos Bicara Lebih Banyak

Minggu, 6 November 2022 18:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
PProfil tim nasional Asutralia di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi The Socceroos, salah satu kandidat kuda hitam di Qatar. (Foto: Instagram@socceroos) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
PProfil tim nasional Asutralia di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi The Socceroos, salah satu kandidat kuda hitam di Qatar. (Foto: Instagram@socceroos)

FOOTBALL265.COM - Berikut profil tim nasional Australia di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi The Socceroos, salah satu kandidat kuda hitam di Qatar.

Australia memastikan langkah mereka lolos ke Piala Dunia 2022 melalui proses yang panjang.

Setelah melewati delapan pertandingan tanpa cela berkat 24 poin plus selisih gol +26 di ronde kedua kualifikasi zona AFC atau Asia, tim asuhan Graham Arnold tersebut nyaris tersingkir di babak berikutnya.

Pada penyisihan putaran ketiga Australia kalah dari Arab Saudi dan Jepang untuk memperebutkan dua tiket otomatis ke putaran final sehingga harus melewati dua pertandingan lagi.

Di kualifikasi zona AFC babak keempat mereka harus susah payah menjungkalkan Uni Emirat Arab dengan skor tipis 1-2 yang membuahkan keikutsertaan di play-off antar benua.

Peru menjadi lawan Australia dan Los Incas terbukti jadi ujian terberat bagi Aaron Moy dan kolega.

Butuh 120 menit plus adu penalti sebelum akhirnya kepastian bisa berlaga di Piala Dunia 2022 mereka dapatkan. Pasca bermain tanpa gol, Australia kemudian menyingkirkan Peru 5-4 di tos-tosan.

Qatar 2022 akan jadi edisi Piala Dunia keenam yang Australia ikuti. Sebagai anggota AFC, total keikutsertaan mereka menjadi empat kali berturut-turut mengingat kelolosan menuju Jerman 2006 diraih saat masih menjadi member OFC (Oseania).

Sayang mereka belum bisa bicara lantang di panggung tertinggi. Sejarah mencatat Australia paling jauh melaju hanya hingga babak 16 besar (2006) dan bahkan di edisi 2014 dan 2018 tidak satupun kemenangan babak grup yang bisa diperoleh.

Mengingat nanti wakil Asia di Piala Dunia 2022 juga ada Qatar, Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi, maka patut ditunggu dimana sebenarnya level kekuatan Australia sebenarnya.