In-depth

3 Pelatih yang Bisa Gantikan Jurgen Klopp jika FSG Jual Liverpool

Kamis, 10 November 2022 20:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Phil Noble
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). Foto: REUTERS/Phil Noble. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). Foto: REUTERS/Phil Noble.

FOOTBALL265.COM - Isu terkait nasib masa depan Jurgen Klopp di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih jadi perbincangan hangat yang layak dibahas.

Pelatih asal Jerman ini sejatinya sudah menandatangani perpanjangan kontrak beberapa waktu lalu, yang akan mengikatnya lebih lama lagi - hingga 2026 mendatang.

Keputusan ini ia ambil bukan hanya karena kecintaan terhadap pekerjaan, tapi mempertimbangkan keinginan sang istri uang ingin tetap tinggal.

Selama menangani Liverpool, Jurgen Klopp sudah berhasil menyumbangkan banyak trofi termasuk Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Ia juga saksi hidup keberhasilan Fenway Sports Group (FSG) merombak Liverpool menjadi raksasa lagi di sepak bola Inggris dan Eropa.

Dengan fakta-fakta tersebut di atas, nampaknya bakal cukup sulit membayangkan Jurgen Klopp bakal angkat kaki dari klub yang ditanganinya sejak 2015 ini.

Hanya saja, Jurgen Klopp bukan pelatih imortal yang akan berada di Liverpool selamanya. Akan ada masa, ketika ia akan angkat kaki dan digantikan oleh manajer lainnya.

Apalagi, belum lama ini publik sepak bola dikagetkan dengan kabar FSG yang membuka pintu lebar-lebar kepada siapa saja yang ingin membeli saham Liverpool.

Selama FSG berkuasa, Jurgen Klopp memang mendapat kepercayaan yang luar biasa saat menunaikan tugasnya.

FSG juga cukup bersabar dengan progres yang dilalui Liverpool, alih-alih gegabah maupun buru-buru mengganti manajer.