Piala Dunia 2022

5 Negara dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Piala Dunia

Jumat, 18 November 2022 15:27 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Xavier Laine/Getty Images
Skuat Timnas Prancis Copyright: © Xavier Laine/Getty Images
Skuat Timnas Prancis

FOOTBALL265.COM - Setiap negara sepak bola bermimpi memenangi tiap pertandingan di Piala Dunia. Tujuannya hanya satu, yaitu meraih gelar juara.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia adalah turnamen sepak bola terbesar di dunia. Tidak heran jika ada begitu banyak orang yang menyaksikan perhelatan akbar ini.

Untuk menyambut Piala Dunia 2022 yang akan dimulai pada 20 November mendatang, terdapat banyak fakta yang terjadi di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Dirangkum sejak Piala Dunia pertama kali digelar pada 1930 lalu dan terakhir pada 2018 kemarin, ada sejumlah negara yang memiliki total kemenangan terbanyak.

Berikut lima negara dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah Piala Dunia.

Prancis - 34 kemenangan

Prancis mencatatkan 34 kemenangan dan 13 hasil imbang dalam sejarah Piala Dunia. Mereka juga sudah mengumpulkan 115 poin sejak dimulainya Piala Dunia pada 1930 silam.

Sejauh ini, Prancis telah memainkan tiga partai final di Piala Dunia. Pertama, Prancis sukses menjuarai Piala Dunia 1998 dengan mengalahkan Brasil dengan skor 3-0.

Saat itu, Zinedine Zidane jadi bintang dalam turnamen tersebut. Dia kembali menjadi bintang di Piala Dunia 2006, namun yang jadi sorotan adalah perilakunya di lapangan.

Saat di laga final 2006 tersebut, Prancis takluk di tangan Italia. Saat itu, Zidane jadi sorotan dunia karena dikartu merah usai  tersulut emosi dan menyundul Marco Materazzi.

Di 12 tahun kemudian, Prancis kembali ke panggung final di Piala Dunia 2018. Saat itu, Les Bleus sukses menjadi juara usai mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2.