Piala Dunia 2022

Parade Gol Pembuka Piala Dunia, Enner Valencia Sejajar Pele dan Klinsmann!

Senin, 21 November 2022 11:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Pahlawan Ekuador, Enner Valencia, kini sejajar dengan Pele dan Jurgen Klinsmann yang mampu mencetak gol di pertandingan pembuka dalam sejarah Piala Dunia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach) Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Pahlawan Ekuador, Enner Valencia, kini sejajar dengan Pele dan Jurgen Klinsmann yang mampu mencetak gol di pertandingan pembuka dalam sejarah Piala Dunia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

FOOTBALL265.COM – Pahlawan Ekuador, Enner Valencia, kini sejajar dengan Pele dan Jurgen Klinsmann yang mampu mencetak gol di pertandingan pembuka di sepanjang sejarah Piala Dunia.

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador baru saja selesai tersaji di Stadium Al Bayt Al Khor pada Minggu (20/11/22) malam WIB.

Dalam duel tersebut, Enner Valencia sukses mencetak brace yang membuat tuan rumah takluk di depan puluhan ribu pendukungnya dengan skor 0-2.

Eks penyerang West Ham United dan Everton ini sejatinya berpeluang mencetak tiga gol di laga ini jika golnya pada awal babak pertama idak dianulir oleh wasit karena off-side.

Meski demikian, brace-nya ketika mengalahkan Qatar membuktikan bahwa striker berusia 33 tahun itu mampu menjawab kepercayaan dari pelatih Gustavo Alfaro sebagai ujung tombak sekaligus kapten tim.

Melansir dari Sportstar The Hindu, dua gol yang dicetak Enner Valencia ini memperpanjang jumlah gol pembuka menjadi 2500 sejak dimulainya Piala Dunia pada tahun 1930.

Bukan hanya itu, nama pemain kelahiran Ekuador, 4 November 19989 tersebut disejajarkan sejumlah legenda Piala Dunia, termasuk Pele dan Jurgen Klinsmann.

Pele mencetak gol pembuka Piala Dunia lewat tendangan saat membela Brasil melawan Bulgaria pada pertandingan yang dihelat di Goodison Park, Liverpool, Inggris, 12 Juli 1966 silam.

Gol tersebut sangat bersejarah bagi Pele muda yang dalam prosesnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil di sepak bola internasional.

Dalam 92 pertandingan resmi yang diakui oleh FIFA, penyerang legendaris itu mencetak 77 gol. Rekor itu tetap tidak tersentuh selama lima dekade.