Piala Dunia 2022

Fantastis! Nominal Hadiah yang Didapat Juara Piala Dunia 2022 Senilai Triliunan Rupiah

Selasa, 22 November 2022 23:43 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Yohanes Ishak
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

FOOTBALL265.COM - Mengapa Piala Dunia sangatlah diminati oleh bebreapa negara? Selain karena gengsi bermain di turnamen sepak bola terbesar di dunia, Federasi Sepak Bola, FIFA juga menganggarkan hadiah yang besar bagi jawaranya, tak terkecuali di Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar sudah resmi dimulai pada Minggu, 20 November 2022 kemarin dengan laga pembuka yang dimenangkan oleh Timnas Ekuador atas tuan rumah Qatar dengan skor 0-2.

Sejak jauh-jauh hari sebelum Piala Dunia 2022 resmi dimulai, FIFA, federasi tertinggi sepak bola dunia telah mengumumkan besaran hadiah untuk para kontestan.

Terdapat 32 negara yang berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Keseluruhan negara tersebut terbagi lagi dalam 8 grup yang saling bentrok untuk merebut trofi juara.

Selain gengsi yang besar bisa mengangkat trofi juara dan membawa pulang ke negara pemenang, tim juga bakal mendapatkan uang hadiah yang nominalnya sangat menggiurkan.

Melansir dari Sporting News, FIFA telah mengalokasikan total anggaran hadiah Piala Dunia dengan uang sebesar 440 juta USD atau sekitar Rp6,91 triliun.

Uang sebesar 440 juta USD atau sekitar Rp6,91 triliun tersebut merupakan hadiah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Nantinya, setiap kontestan yang berkompetisi akan mendapat hadiah uang tergantung dengan sejauh mana tim kontestan melaju di Piala Dunia 2022.

Di level babak penyisihan grup, tiap kontestan yang berkompetisi akan mendapatkan hadiah uang sebesar 9 juta USD atau sekitar Rp141,4 miliar.

Selanjutnya, bagi tim peserta yang finis di babak ke-16 besar, FIFA menyiapkan hadiah uang sebesar 13 juta USD atau setara dengan Rp204,25 miliar.