Piala Dunia 2022

Kiprah 4 Wakil Asia yang Sering Buat Kejutan di Piala Dunia, Ada Korea Utara Cetak Rekor

Jumat, 25 November 2022 14:43 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Annegret Hilse
Para pemain Jepang meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Jerman terlihat pemain Jerman Antonio Rudiger terlihat sedih. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse) Copyright: © REUTERS/Annegret Hilse
Para pemain Jepang meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Jerman terlihat pemain Jerman Antonio Rudiger terlihat sedih. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

FOOTBALL265.COM - Negara-negara dari Asia ini tidak diperhitungkan ternyata sering membuat kejutan di Piala Dunia.

Publik sepak bola dunia saat ini tengah dimeriahkan dengan gelaran turnamen sepak bola paling akbar, Piala Dunia 2022. 

Piala Dunia 2022 kali ini digelar di Qatar mulai 20 November hingga 18 Desember nanti. Ini adalah kali kedua negara Asia menggelar ajang empat tahunan tersebut.

Sebelumnya sudah ada Jepang-Korea Selatan yang pernah menggelar Piala Dunia pada tahun 2002 lalu. 

Empat hari berjalan, Piala Dunia 2022 menyuguhkan banyak kejutan. Di antaranya penampilan mencengangkan dari para wakil Asia.

Tim wakil Asia pertama yang membuat kejutan adalah timnas Indonesia. Kala masih bernama Hindia-Belanda, mereka lolos ke Piala Dunia edisi ketiga pada 1938 silam.

Memang pada saat itu tidak bisa berbicara banyak, tetapi kelolosan Indonesia yang sudah diakui FIFA ini, menjadi tinta emas Benua Asia dalam buku sejarah sepak bola dunia.

Setelah itu, negara-negara Asia mulai berbenah diri dalam urusan sepak bola demi bisa bersaing dengan negara-negara kuat, terutama dari barat.

Kini beberapa negara Asia mulai bisa diperhitungkan di pentas Piala Dunia. Tidak mudah dikalahkan, dan tidak jarang membuat kejutan.

Berikut beberapa negara Asia yang pernah buat kejutan di Piala Dunia.