Bola Internasional

Kadek Arel Cerita Progres Timnas Indonesia U-20, Berkembang Berkat Bersua Lawan Tangguh di Eropa

Minggu, 27 November 2022 13:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Bek Bali United, I Kadek Arel Priyatna, mengungkapkan perkembangan Timnas Indonesia U-20 selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Eropa.

Lawan-lawan tangguh yang didapat selama di Eropa membuat Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong semakin berkembang pesat.

Deretan uji coba dilakukan Timnas Indonesia U-20 selama berada di Turki dan Spanyol. Skuat besutan Shin Tae-yong bisa mendapatkan lawan-lawan tangguh dengan mudah.

Mereka sempat bersua Prancis U-20, Slovakia U-20, Turki U-20, Malaga U-20 hingga Antalyaspor U-20. Lawan-lawan tersebut jelas punya jam terbang jauh lebih tinggi dari Skuat Garuda Muda.

Meski dari segi hasil akhir kurang bagus, namun tujuan dari setiap uji coba lebih besar dari itu. Timnas U-20 diharapkan belajar banyak dari setiap laga di Eropa.

Dengan begitu, ketika Indonesia bertarung di Piala Dunia U-20 2023 nanti, Garuda Muda sudah terbiasa melawan tim yang lebih tangguh.

Tujuan besar yang diinginkan Indonesia selama berada di Eropa ternyata cukup terpenuhi. Kadek Arel sebagai salah satu anggota Timnas U-20 belajar banyak dari setiap uji coba.

"Pasti itu hal yang baik untuk kami (menghadapi tim dari Benua Eropa), karena kami bisa banyak belajar dari pemain kelas Eropa," kata Kadek Arel dari laman resmi klub.

Kadek Arel merasakan bahwa setiap pemain, termasuk dirinya, bertumbuh dari uji coba dan latihan di Eropa.

Para pemain sudah memiliki gambaran bagaimana sikap ketika harus melawan tim setangguh Perancis dan Turki. Setiap laga itu membuat mentalitas pemain lebih kuat.

"Perubahan yang paling saya rasakan tentunya mental. Dari awal saya bermain sepak bola saat kecil hingga saat ini, yang berbeda tentu mental, fisik, dan cara bermain karena sudah dilatih oleh pelatih-pelatih hebat," ujar Kadek Arel.