In-depth

Mengenang Kekalahan Tragis Timnas Indonesia dari Filipina di Piala AFF 2014

Selasa, 13 Desember 2022 19:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bakal segrup lagi di Piala AFF 2022, timnas Indonesia ternyata memiliki riwayat kekalahan paling tragis dengan Filipina, tepatnya di ajang ini edisi 2014 silam. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bakal segrup lagi di Piala AFF 2022, timnas Indonesia ternyata memiliki riwayat kekalahan paling tragis dengan Filipina, tepatnya di ajang ini edisi 2014 silam.

FOOTBALL265.COM – Bakal segrup lagi di Piala AFF 2022, timnas Indonesia ternyata memiliki riwayat kekalahan paling tragis dengan Filipina, tepatnya di ajang ini edisi 2014 silam.

Saat ini timnas Indonesia diasuh Shin Tae-yong. Sementara delapan tahun lalu, di Piala AFF 2014, timnas Indonesia yang dipimpin Alfred Riedl diproyeksikan melaju ke semifinal bersama tim unggulan Vietnam yang berada di Grup A.

Dua tim lainnya di Grup A, yakni Filipina dan Laos, menjadi rival yang di atas kertas bisa dikalahkan oleh timnas Indonesia.

Hanya saja, dengan skuat bertabur bintang, langkah timnas Indonesia terseok-seok ketika di laga perdana harus bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Vietnam.

Belum lagi timnas Indonesia menderita kekalahan paling tragis kalah dilumat Filipina 0-4 di matchday kedua yang berlangsung Selasa (25/11/14) di Stadion My Dinh, Hanoi.

Jika dikenang, tendangan penalti Phil Younghusband di babak pertama, menjadi titik kesengsaraan timnas Indonesia atas Filipina.

Karena dari titik penalti tersebut, timnas Filipina makin ganas. Sebaliknya, segala upaya yang dilakukan Cristian Gonzales dan kawan-kawan, tak mampu membuahkan hasil.

Pergantian sejumlah pemain yang dilakukan pelatih Alfred Riedl bahkan tak mampu menahan gempuran para pemain Filipina yang ‘kesetanan’ hingga mencetak tiga gol beruntun.

Tiga gol timnas Filipina yang lahir di babak kedua Piala AFF 2014 dicetak oleh Manuel Ott (51’), Martin Steuble (67’), dan Rob Gier (79).

Skor 0-4 tersebut bertahan hingga peluit panjang wasit di babak kedua, sekaligus membuat timnas Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah dikalahkan Filipina.

Nahasnya, kekalahan  atas Filipina, membuat timnas Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF 2014 meskipun di matchday ketiga melumat Laos 5-0. Lalu bagaimana kans Indonesia di Piala AFF 2022?