In-depth

Usung Local Pride, 3 Pemain Kunci Brunei yang Siap Jegal Timnas Indonesia Piala AFF 2022

Rabu, 14 Desember 2022 13:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Brunei di SEA Games 2019 Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Brunei di SEA Games 2019

FOOTBALL265.COM – Brunei Darussalam mengandalkan kekuatan untuk Piala AFF 2022. Ada tiga pemain di skuad Brunei yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia.

Brunei Darussalam akan berlaga di Piala AFF comeback-nya setelah absen selama 26 tahun sejak terakhir kali tampil pada 1996, edisi pertama.

Skuad berjuluk The Wasps tersebut meraih tiket ke Kejuaraan antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) setelah memenangkan laga play-off melawan Timor Leste dengan kemenangan agregat 6-3.

Hasil ini membuat Brunei lolos melengkapi tim peserta Grup A Piala AFF 2022 yang dihuni Timnas Indonesia, Thailand, Filipina dan Kamboja.

Beberapa waktu lalu, Brunei juga sudah mengumumkan daftar 23 pemain yang akan memperkuad tim besutan Mario Rivera untuk turnamen ini.

Melansir dari Transfermarkt, 23 pemain timnas Brunei Darussalam ini diketahui tidak ada satu pun yang mentas di luar negeri ataupun pemain keturunan yang dinaturalisasi.

Bahkan, sosok Faiq Bolkiah tidak dipanggil Mario Rivera. Faiq Bolkiah yang merupakan keponakan Raja Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Padahal, Faiq Bolkian sejatinya punya pengalaman bermain di luar negeri. Saat ini, Bolkiah berstatus sebagai pemain Chonburi FC, tim dari Liga Thailand.

Meski mengandalkan kekuatan local pride, skuad Timnas Brunei Darussalam tidak boleh diremehkan begitu saja, terutama oleh Timnas Indonesia.

Setidaknya, terdapat tiga pemain yang bakal menunjukkan sinarnya di Piala AFF 2022. Bukan tidak mungkin, ketiga pemain ini menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia melangkah jauh di turnamen ini.