In-depth

Bedah Kualitas Pelatih Asing di Piala AFF 2022: Ramai-Ramai Gempur Asia Tenggara

Sabtu, 17 Desember 2022 16:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/Football265.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Arif Rahman/Football265.com. Copyright: © Arif Rahman/Football265.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Arif Rahman/Football265.com.

FOOTBALL265.COM - Rombongan pelatih asing menguasai kontestan-kontestan yang berlaga di Piala AFF 2022 termasuk Timnas Indonesia.

Menjamurnya pelatih ‘nonlokal’ di tim-tim peserta Piala AFF 2022 jadi salah satu hal unik dari gelaran edisi tahun ini.

Bagaimana tidak? Mulai dari Grup A hingga B, hanya terlihat pelatih-pelatih asing di profil tim-tim peserta.

Dari sepuluh tim yang terdaftar, tiga di antaranya bahkan beranggotakan pelatih asal Korea Selatan, yakni Timnas Indonesia (Shin Tae-yong), Malaysia (Kim Pan-gon), dan Vietnam (Park Hang-seo).

Lalu ada duo Spanyol: Mario Rivera yang menangani Brunei serta Josep Ferre Ybarz di Filipina, Keisuke Honda dan Ryu Hirose (Jepang) di Timnas Kamboja.

Juara Piala AFF edisi lalu, Thailand, saat ini masih dibesut Alexandre Polking (Brasil/Jerman). Di Timnas Laos juga ada pelatih asal Jerman, Michael Weiss.

Demikian halnya Timnas Myanmar, yang memilih memakai jasa pelatih dari negara panzer tersebut dengan merekrut Antoine Hey.

Sementara itu, Timnas Singapura satu kapal dengan Kamboja karena sama-sama mempekerjakan juru taktik asal Jepang. Ia adalah Takayuki Nishigaya.

Kehadairan para pelatih asing ini tentunya jadi pemandangan menarik di Piala AFF 2022.

Persaingan untuk jadi yang terbaik saat merantau di negeri orang adalah tantangan menggiurkan yang patut ditaklukkan. Lantas, seperti apa profil dan kans mereka untuk sukses di Piala AFF 2022?