Bola Internasional

Mengenang Piala AFF 2004, Saat Skuat Local Pride Indonesia Dihajar Barisan Naturalisasi Singapura

Sabtu, 17 Desember 2022 22:20 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Timnas Indonesia pernah bernasib sial saat berhadapan dengan tim penuh pemain naturalisasi milik Singapura di gelaran Piala AFF 2004. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia pernah bernasib sial saat berhadapan dengan tim penuh pemain naturalisasi milik Singapura di gelaran Piala AFF 2004.

FOOTBALL265.COM – Timnas Indonesia pernah bernasib sial saat berhadapan dengan tim penuh pemain naturalisasi milik Singapura di gelaran Piala AFF 2004.

Seperti diketahui, timnas Indonesia baru memulai penggunaan pemain naturalisasi sejak gelaran Piala AFF 2010.

Kala itu, tim Garuda memanggil dua pemain naturalisasi, yaitu Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales yang tampil bagus dalam Piala AFF 2010.

Hanya saja, jalan timnas Indonesia kala itu terhenti di babak final ketika dikalahkan Malaysia 0-3 di Stadion Bukit Jalil dan hanya mampu membalas dengan kemenangan 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno.

Setelah gelaran tersebut, timnas Indonesia selalu menyertakan pemain naturalisasi dalam setiap keikutsertaan mereka di gelaran Piala AFF, termasuk pada tahun 2022 kali ini.

Sedianya, tim yang diasuh oleh Shin Tae-yong ini membawa lima pemain naturalisasi, yaitu Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Marc Klok, hingga Ilija Spasojevic.

Hanya saja, Elkan Baggott kemungkinan tak akan turut serta karena harus membela klubnya, Gillingham FC dalam laga Piala Liga Inggris melawan Wolverhampton Wanderers dan Piala FA melawan Leicester City.

Kondisi ini tentu akan menyulitkan timnas Indonesia, meskipun masih ada Jordi Amat dan Sandy Walsh yang bisa memperkuat lini depan di gelaran Piala AFF 2022.

Namun demikian, sebelum menggunakan banyak pemain naturalisasi, timnas Indonesia sempat dibuat kesulitan kala menghadapi lawan dengan komposisi serupa.

Kejadian ketika timnas Indonesia dibuat hancur olah skuat naturalisasi adalah saat mereka bertemu Singapura di gelaran Piala AFF 2004.