Liga Indonesia

Pelatih Persis Solo Tak Tertarik Bicara Performa Individu Pemain Persib Bandung di Liga 1

Minggu, 18 Desember 2022 10:58 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, melihat Persib Bandung sebagai sebuah kekuatan utuh di Liga 1 2022/2023. Leonardo tak tertarik ketika membahas performa individu dari David da Silva dkk.

Persib Bandung menjadi lawan Laskar Sambernyawa pada pekan ke-15 Liga 1. Partai melawan tim Maung Bandung akan berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (18/12/22) sore.

Laga ini jelas bukan partai mudah bagi Persis Solo. Tim besutan Luis Milla punya segudang pemain berkualitas yang telah terbukti prestasinya.

Salah satu yang menjadi sorotan dari tim Persib adalah David da Silva. Bomber 33 tahun sudah mencatatkan 13 gol dari 13 penampilan musim ini.

Leonardo Medina sudah paham bagaimana kualitas David da Silva. Ia punya keunggulan dari sisi individual. Namun, pelatih asal Meksiko lebih tertarik membahas Persib sebagai sebuah kesatuan.

"Pemain yang sangat bagus, punya kecepatan, tapi saya tidak terlalu memperhatikan pemain lawan, karena bagi saya yang terpenting bagaimana performa dan kolektivitas mereka," kata Leonardo, Sabtu (17/12/22).

Leonardo pun paham bahwa Persib bukan sekadar David da Silva. Masih ada sederet nama yang punya reputasi secara individu.

Leonardo menegaskan bahwa kewaspadaan tak bisa terpaku pada satu atau dua nama. Persib merupakan tim yang bekerja bersama-sama.

"Ya tentu mereka punya pemain bagus, pemain asing bagus, juga striker (Ciro Alves), tapi yang penting bukan performa individu," jelas Leonardo.

Leonardo pun berbicara sosok Luis Milla yang punya reputasi tinggi di Eropa. Mantan pilar Barcelona dan Real Madrid ini memberi pengaruh bagus bagi Persib.

"Persib merupakan tim yang terorganisir. Persib diatur dengan baik karena memiliki pelatih kepala yang berkualitas dan punya banyak pengalaman," tutur Leonardo.

Meski begitu, Leonardo melihat timnya juga cukup bagus untuk menandingi Persib. Dalam beberapa hari ini, Leonardo sangat fokus pada recovery pemain.

"Recovery sangat penting karena kami telah tampil di banyak pertandingan dalam beberapa hari. Kami sudah main tiga pertandingan. Jadi poin utama kami adalah recovery," papar Leonardo.