Piala Dunia 2022

Bikin Rekor Karena Penalti, Gelar Juara Piala Dunia 2022 Argentina dan Messi Berbau Kontroversi?

Senin, 19 Desember 2022 06:02 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS-Dylan Martinez
Argentina dan Lionel Messi sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 namun kini isu tak sedap terkait penalti mengiringi pesta mereka. REUTERS-Dylan Martinez Copyright: © REUTERS-Dylan Martinez
Argentina dan Lionel Messi sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 namun kini isu tak sedap terkait penalti mengiringi pesta mereka. REUTERS-Dylan Martinez

FOOTBALL265.COM - Argentina dan Lionel Messi sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 namun kini isu tak sedap terkait penalti mengiringi pesta mereka.

Publik beranggapan jika wasit terlalu sering berpihak pada La Albiceleste dengan memberikan begitu banyak tendangan penalti.

Tercatat sejak fase grup hingga babak final ada enam penalti yang dihadiahkan untuk Argentina dan empat diantaranya sukses dieksekusi oleh Messi.

Sebelumnya belum pernah ada tim dengan jumlah penalti sebanyak ini dalam satu edisi Piala Dunia.

Sebagai pembanding, Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018 lalu kebagian empat penalti dari fase grup sampai partai puncak.

Wajar jika kemudian kecurigaan jika Argentina mendapat bantuan dari pengadil di lapangan serta penyelenggara pun bermunculan.

Terutama karena tiga dari enam penalti tersebut diberikan oleh wasit dalam keadaan skor masih 0-0 seolah korps baju hitam hendak memberikan Lionel Messi dan kolega memiliki advantage dalam hal mental di atas lawan mereka.

Cara pemberian tendangan 12 pas pun tidak dirasa wajar karena sebagian kontak yang didapat oleh Argentina di kotak terlarang di mata publik tidak semuanya layak dianggap pelanggaran.

Ambil contoh saat Angel Di Maria jatuh pasca melakukan duel dengan Ousmane Dembele pada final Piala Dunia 2022 lalu.

Dalam tayangan ulang tampak Di Maria rupanya tersandung kaki sendiri meski memang pada awalnya Dembele melakukan sedikit dorongan pada sang winger.