In-depth

Mengenang Momen Sedih Timnas Indonesia saat 6 Kali Raih Runner Up Piala AFF

Selasa, 20 Desember 2022 15:36 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. Copyright: © PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

FOOTBALL265.COM - Sebentar lagi penggemar Garuda bakal kembali menyaksikan Timnas Indonesia tampil di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara yakni Piala AFF 2022.

Dalam ajang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina dan juara bertahan, Thailand.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong diberikan tugas berat untuk meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kali. Pasalnya, dalam 13 kali mengikuti ajang tersebut sejak edisi 1996 silam, mereka belum pernah juara.

Skuat Garuda bisa dibilang menjadi tim yang paling apes karena selalu gagal bila sudah menembus partai final. Garuda tercatat sudah enam kali lolos ke final, namun selalu kalah dan harus puas finis sebagai runner up.

Thailand sendiri menjadi tim paling sukses karena sudah mengunci enam kali gelar juara termasuk pada Piala AFF edisi 2020 lalu.

Kemudian Singapura sudah tiga kali juara, Vietnam dua kali dan Malaysia satu kali. Hanya Timnas Indonesia yang belum pernah merasakan mengangkat trofi.

Berikut INDOSPORT telah merangkum enam momen sedih Timnas Indonesia saat gagal di final Piala AFF:

Piala AFF (Piala Tiger) 2000

Dalam edisi ketiga pada 2000 silam, Timnas Indonesia tampil luar biasa di Piala AFF yang saat itu dikenal dengan Piala Tiger.

Skuat Garuda datang dengan formasi 24 pemain, yang kala itu masih diperkuat oleh Kurniawan Dwi Yulianto hingga Gendut Doni. Tergabung ke dalam Grup A, mereka mampu menghajar Filipina (3-0) dan Myanmar (5-0).

Namun Timnas Indonesia harus lolos ke semifinal sebagai runner up Grup A karena sempat dihajar Thailand dengan skor 1-4.

Di semifinal, Timnas Indonesia sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Sempat imbang 2-2 di waktu normal, Gendut Doni mampu menjadi pahlawan dengan mencetak gol penentu di babak tambahan.

Di partai final, mereka harus kembali bersua Thailand yang sempat membekuk Malaysia dengan skor 2-0. Kurniawan Dwi Yulianto dkk harus kembali merasakan keganasan Thailand.

Bermain di Stadion Rajamangala, Bangkok atau kandang Thailand, Timnas Indonesia harus merasakan kekalahan telak dengan skor 1-4.