Liga Indonesia

Gagal Kalahkan Persebaya di Liga 1, Leonardo Bicara Gaya Bermain Persis Solo

Kamis, 22 Desember 2022 11:07 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tetap memuji performa timnya meski gagal mengalahkan Persebaya Surabaya di Liga 1 2022/2023. Laskar Sambernyawa mendominasi permainan namun belum beruntung dalam gol.

Laga pekan ke-16 Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (21/12/22), sangat didominasi Persis Solo. Mereka tetap tampil stabil meski mencadangkan Sutanto Tan.

Persis Solo tak memberi waktu bagi Persebaya untuk menguasai bola. Dominasi penguasaan bola ini membuat Laskar Sambernyawa punya banyak peluang untuk melakukan serangan.

Tercatat dari statistik Liga 1, Persis Solo memiliki 60 persen penguasaan bola dan melepaskan 21 tembakan. Sementara Persebaya hanya memiliki 40 persen penguasaan bola dengan melepaskan 14 tembakan.

Sayangnya, usaha bertubi-tubi itu tak membuahkan hasil. Selain mayoritas pemain Persebaya ada di pertahanannya sendiri, kiper Ernando Ari juga tampil bagus di bawah mistar.

Satu gol sebenarnya bisa didapat Persis Solo lewat Ferdinan Sinaga pada penghujung laga. Ferdinan sendiri masuk pada pertengahan babak kedua menggantikan Fernando Rodriguez.

Sayangnya, Ferdinan sudah dalam posisi offside saat Alexis Messidoro melepaskan umpan. Sebelum itu, sundulan Ferdinan juga hanya membentur mistar gawang.

Usai laga, Leonardo Medina berbicara jalannya laga ini. Menurut pelatih asal Meksiko ini, Persis Solo sebenarnya sudah tampil sesuai harapan.

"Ini pertandingan yang sulit untuk mencetak gol karena lawan bermain defensive. Ada delapan sampai sembilan pemain yang bermain lebih bertahan," kata Leonardo usai laga.

"Tapi setidaknya Persis Solo bermain cukup bagus. Keunggulan kita dalam laga ini adalah penguasaan bola. Kita sempat mencetak gol, tapi dinyatakan offside. Kita harus fokus lagi. Kita sudah bermain bagus, hanya sayangnya belum mencetak gol," lanjut Leonardo.