Bola Internasional

Starting XI Terbaik Bintang Absen Piala AFF 2022: Ada Messi ASEAN, Elkan Baggott, dan Sandy Walsh!

Kamis, 22 Desember 2022 17:39 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Piala AFF 2022 sudah bergulir namun cukup disayangkan karena banyak bintang dari berbagai tim harus absen untuk berlaga. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Piala AFF 2022 sudah bergulir namun cukup disayangkan karena banyak bintang dari berbagai tim harus absen untuk berlaga. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Piala AFF 2022 sudah bergulir namun cukup disayangkan karena banyak bintang dari berbagai tim harus absen untuk berlaga.

Alasannya bisa bermacam-macam dari cedera, tidak lolos seleksi skuat, atau yang paling umum adalah karena berkarier di luar ASEAN sehingga terbentur jadwal dengan klub masing-masing.

Timnas Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina sebagai negara-negara favorit boleh dikatakan kurang beruntung karena cukup banyak pemain kunci mereka yang harus berhalangan tampil.

Andai disatukan, maka para pemain yang absen di Piala AFF 2022 akan membentuk starting XI yang kuat plus cadangannya.

Siapa sajakah yang masuk ke dalam line up tersebut? Berikut ulasannya dalam formasi 3-4-1-2.

Penjaga Gawang: Neil Etheridge (Filipina)

Kiper berdarah Inggris yang satu ini bisa dibilang adalah penjaga gawang Asia Tenggara dengan karier paling mentereng jika diukur dari klub.

Etheridge yang sempat belajar di akademi Chelsea dan Fulham sejauh ini tidak pernah merumput di luar Inggris. Ia bahkan sempat menjajal kasta tertinggi Liga Inggris saat berkostum Cardiff City (2017-2020).

Kini Etheridge berada di Birmingham City yang berkompetisi di Championship sehingga tidak bisa menuruti panggilan Filipina dan menjadi kapten skuatnya untuk Piala AFF 2022.

Bek Tengah: Sandy Walsh (Indonesia)

Walsh memang lebih dikenal sebagai bek sayap namun ia juga bisa dioperasikan sebagai defender sentral darurat.

Akibat kewajibannya membela KV Mechelen di liga Belgia, pemain berdarah Belanda ini tidak bisa membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang juga harusnya bisa menjadi debutnya mengenakan seragam Merah-Putih dalam laga resmi.