Liga Indonesia

Dianggap Tak Ideal, Teco Berhadap Liga 1 Segera Bergulir Normal dan Dihadiri Suporter

Jumat, 23 Desember 2022 20:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, cukup gembira ketika Liga 1 2022/2023 bisa berjalan lagi. Kini, Teco menanti kompetisi bisa segera berjalan normal. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, cukup gembira ketika Liga 1 2022/2023 bisa berjalan lagi. Kini, Teco menanti kompetisi bisa segera berjalan normal.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, cukup gembira ketika Liga 1 2022/2023 bisa berjalan lagi. Kini, Teco menanti Liga 1 bisa berjalan normal dengan sistem kandang dan tandang.

Teco bersama skuat Bali United telah menyelesaikan putaran pertama Liga 1. Enam laga di antaranya dijalani pada sistem bubble di Semarang, Bantul, Sleman dan Solo.

Dari enam laga lanjutan kompetisi Liga 1, Bali United mencatatkan empat kemenangan dan dua kekalahan. Lalu, Bali United mencetak 14 gol dan kemasukan 8 gol.

Teco memahami ketika Liga 1 harus dilanjutkan dari tahap sistem bubble. Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 suporter dan dua anggota Polri membuat sistem keamanan baru harus dipersiapkan.

"Sistem ini kita tahu tidak ideal buat semua tim, tapi kita tahu di liga ada masalah waktu itu, jadi lebih bagus kita main meski bubble, meski tanpa suporter, daripada tidak bermain sama sekali," kata Teco.

Sejauh ini, Liga 1 berjalan sangat lancar sepanjang sistem bubble. Hanya laga PSS Sleman dan Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo yang terhenti menit ke-48' karena hujan lebat.

Teco berharap pada putaran kedua nanti Liga 1 bisa kembali berjalan dengan sistem kandang dan tandang. Tak hanya itu, setiap laga diharapkan sudah ada penonton lagi.

Sudah ada hal positif ketika laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, melawan Kamboja, boleh dihadiri penonton. 

Ada belasan ribu suporter yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/22).

"Mudah-mudahan tahun depan ada solusi buat bisa main home away lagi, buat main dengan keberadaan suporter, karena suporter juga butuh hiburan, tapi stadion harus lebih aman buat suporter," tutur Teco.