In-depth

Rapor 4 Pemain Debutan Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022

Sabtu, 24 Desember 2022 11:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

FOOTBALL265.COM – Performa sejumlah pemain debutan cukup apik kala membawa Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022, Jumat (24/12/22).

Bertanding di Gelora Utama Bung Karno, Indonesia unggul terlebih dulu saat laga baru berjalan tujuh menit setelah Egy Maulana Vikri memaksimalkan umpan Pratama Arhan.

Giliran Kamboja membalas 10 menit berselang. Tim tamu menyamakan kedudukan lewat sundulan Sareth Krya dengan memanfaatkan kemelut sepak pojok.

Beruntung jelang babak pertama berakhir, Witan Sulaeman kembali membawa Timnas Indonesia unggul berkat golnya di menit ke-35.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 lewat torehan 3 angka, di belakang Thailand dan Filipina yang unggul selisih gol.

Usai menghadapi Kamboja, tim besutan Shin tae-yong ini akan menghadapi Brunei Darussalam pada matchday kedua pada 26 Desember 2022.

Terlepas dari kemenangan itu, ada hal menarik dari para pemain Indonesia yang menjalani debutnya di ajang Piala AFF, siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Marselino Ferdinan

Di usianya yang baru 19 tahun, Marselino Ferdinan langsung mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong sebagai starter di lini tengah.

Pemain Persebaya ini menunjukkan duet yang apik dengan Marc Klok sebagai gelandang bertahan untuk mengawal barisan bek Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Selain itu, duet Marselino dan Klok membantu peran trio playmaker Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya dan Witan Sulaeman dalam membangun serangan.

Marselino sendiri tampil meyakinkan sejak peluit dibunyikan. Bebrapa kali aksinya mampu menguasai bola, membuat lawan harus jatuh bangun menghadangnya.

Marselino juga mencatatkan satu assist di babak pertama. Dia menciptakan umpan silang yang sukses dikonversikan Witan Sulaemen untuk gol kedua skuad Garuda.