Liga Indonesia

3 Fakta Menarik Sutanto Tan, Pemain Persis Solo yang Viral usai Somasi Netizen Rasis

Minggu, 25 Desember 2022 18:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Sutanto Tan saat masih membela PSM Makassar. Saat ini ia bermain untuk Persis Solo di Liga 1 2022. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Sutanto Tan saat masih membela PSM Makassar. Saat ini ia bermain untuk Persis Solo di Liga 1 2022.

FOOTBALL265.COM - Tiga fakta menarik Sutanto Tan, pesepak bola yang bermain di Persis Solo, dan baru-baru ini viral karena ia berani melakukan somasi netizen yang rasis.

Rasisme dalam sepak bola bukanlah hal yang baru, namun di kompetisi Liga 1 2022-2023, ada pelajaran berharga bagi netizen yang berani melakukan rasisme pada pemain.

Pertandingan Liga 1 2022-2023 mempertemukan Persis Solo vs Persib Bandung di Stadion Sultan Agung pada 18 Desember silam.

Laga tersebut berakhir dengan skor 1-2 untuk keunggulan Persib Bandung. Padahal, Laskar Sambernyawa unggul lebih dulu di babak kedua, lewat gol Irfan Bachdim.

Nasi sudah menjadi bubur. Persis Solo menerima kekalahan dengan lapang dada, namun oknum suporter sepertinya tidak demikian, mereka brutal di medsos.

Berbagai ucapan penghinaan dan rasisme diterima Sutanto Tan. Ia mungkin tak mau pikir panjang jika dihina seorang diri, tapi netizen juga menyeret soal keluarganya.

Sutanto Tan akhirnya melayangkan somasi pada tiga akun Instagram yang dinilainya memberikan komentar rasis yang tidak pantas ditujukan pada ia dan keluarga.

Lewat somasi tersebut, tiga netizen yang disebutkan Sutanto Tan akhirnya datang menemuinya, melakukan mediasi, juga meminta maaf atas komentar mereka.

Sutanto Tan dengan lapang dada menerima permintaan maaf tersebut. Penggawa Persis Solo itu pun berjanji tidak akan melanjutkan ke proses hukum.

Selain soal rasisme yang kini viral, berikut INDOSPORT merangkum tiga fakta menarik tentang gelandang Persis Solo, Sutanto Tan.