Liga Indonesia

PSIM Yogyakarta Libur Latihan Lagi, Pertanda Liga 2 Belum Resmi 14 Januari?

Senin, 26 Desember 2022 18:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© PSIM Yogyakarta
PSIM Yogyakarta memutuskan untuk memberi libur pemain karena belum ada kepastian bahwa Liga 2 2022/2023 benar-benar jalan 14 Januari mendatang. Copyright: © PSIM Yogyakarta
PSIM Yogyakarta memutuskan untuk memberi libur pemain karena belum ada kepastian bahwa Liga 2 2022/2023 benar-benar jalan 14 Januari mendatang.

FOOTBALL265.COM - PSIM Yogyakarta memutuskan untuk memberi libur lagi kepada Cristian Gonzales dkk. Belum ada pengumuman resmi bahwa Liga 2 2022/2023 benar-benar jalan 14 Januari mendatang.

PSIM sebenarnya cukup semangat ketika ada informasi Liga 2 bakal jalan awal Desember. Makanya, pada bulan November lalu, PSIM sudah latihan lagi setelah sempat meliburkan tim dua pekan.

Hanya saja, tanda-tanda Liga 2 bakal jalan lagi belum muncul. Saat pertemuan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan klub-klub Liga 2 di Jakarta, 14 Desember lalu, hanya muncul timeline kompetisi kasta kedua berjalan 14 Januari 2023.

Ketidakjelasan kompetisi kasta kedua memaksa PSIM meliburkan tim lagi. Skuat Laskar Mataram sudah diliburkan sejak Sabtu (24/12/22) lalu.

"Kita sudah sepakat dengan manajemen, biar pemain tidak jenuh karena hanya latihan-latihan saja, kita beri libur sampai 2 Januari," kata pelatih PSIM, Erwan Hendarwanto, Senin (26/12/22).

PSIM Yogyakarta memang tak bisa leluasa seperti akhir November lalu. Erwan mengatakan, setelah Liga 1 berjalan, PSIM cukup kesulitan mendapat lawan yang berkualitas.

Pilihan juga menipis ketika Liga 3 Jawa Tengah sudah berjalan. Sementara klub dari provinsi lain banyak yang libur karena kompetisi Liga 3 belum ada kejelasan jadwal.

"Sebenarnya kita ingin setiap akhir pekan ada uji coba, tapi sekarang memang tidak mudah untuk cari lawan uji coba. Kalau bulan lalu kita masih bisa lawan tim Liga 1, sekarang tidak bisa," tutur Erwan.

Erwan mewanti-wanti para pemain agar tetap kerja keras selama libur. Harapannya, saat latihan kembali berjalan, tim pelatih tak harus pusing mengembalikan kondisi fisik para pemain.

"Pada libur sebelumnya, pemain cukup disiplin dalam berlatih mandiri. Tidak ada penurunan fisik yang signifikan. Kita berharap sekarang juga begitu agar latihan tidak mulai dari nol lagi," papar Erwan.