In-depth

Pilih Marc-Andre ter Stegen Jadi Kapten Barcelona, Xavi Tak Salah Pilih

Sabtu, 31 Desember 2022 18:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© NurPhoto/GettyImages
Marc-Andre ter Stegen ditunjuk sebagai kapten keempat Barcelona. Foto: NurPhoto/GettyImages. Copyright: © NurPhoto/GettyImages
Marc-Andre ter Stegen ditunjuk sebagai kapten keempat Barcelona. Foto: NurPhoto/GettyImages.

FOOTBALL265.COM - Xavi Hernandez nampaknya membuat keputusan yang tidak akan disesalinya saat menunjuk Marc-Andre ter Stegen sebagai kapten Barcelona.

Pengumuman ini disampaikan pihak klub jelang pertandingan Barcelona vs Espanyol yang rencananya bakal bergulir pada Sabtu (31/12/22) malam.

Sebagai informasi, sejak hengkangnya Gerard Pique beberapa waktu lalu, posisi kapten keempat Barcelona memang mengalami lowong.

Namun Xavi dan segenap jajaran di tim Blaugrana telah menemukan sosok pengganti yang tepat yaitu Marc-Andre ter Stegen.

Kiper yang satu ini, bukan pemain baru atau anak bawang di Barcelona. Ia sudah berada di klub ini sejak 2014 tanpa sekali pun berpindah hati ke klub lain.

Eksistensi dan keberadaannya sebagai pemain senior pun membuat pesepak bola asal Jerman ini layak mendapat peran penting di tim, termasuk menjadi kapten.

Selama bertahun-tahun di Barcelona, Marc-Andre ter Stegen sudah mencatatkan 346 penampilan dan mencatatkan 140 kali clean sheet.

Oleh sebab itu, kepercayaan yang diberikannya sebagai kapten pun bukan hal yang menganehkan lagi, apalagi Xavi pernah menyebut kipernya ini sebagai seorang silent reader.

Tidak banyak bersuara namun menunjukkan jiwa kepemimpinan merupakan keahilan Marc-Andre ter Stegen yang memang sudah diakui oleh orang-orang di sekitarnya.

Rekan-rekan setimnya pun mau mendengarkan perkataan sang kiper tanpa disuruh maupun diminta, yang mana jadi salah satu kualitas penting yang harus dimiliki seorang pemimpin.