Bola Internasional

Kabar Gembira! Presiden Joko Widodo Setujui Naturalisasi Shayne Pattynama

Selasa, 3 Januari 2023 23:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM - Presiden RI, Joko Widodo telah menandatangani Keppres Kewarganegaraan untuk proses naturalisasi pemain keturunan, Shayne Pattynama.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menopora), Zainudin Amali.

"Keppres tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Bpk Presiden Joko Widodo," kata Menpora Amali kepada wartawan di Jakarta, Selasa (03/01/22).

Setelah Keppres keluar, Shayne bisa mengikuti pengambilan sumpah di kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta. Tapi, detail kapan hal itu dilakukan belum diketahui secara pasti dan akan diumumkan nanti.

Menpora berharap, kehadiran Shayne Pattynama bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia di pertandingan kedepannya.

Sebelum itu, pemain Blasteran Belanda itu harus menyelesaikan perpindahan federasi, sesuai aturan FIFA supaya bisa mengenakan jersey skuad Garuda.

"Kita berharap proses ini bisa segera termasuk perpindahan dari Asosiasi Sepakbola Eropa ke Asosiasi Sepakbola Asia," ujar Menpora.

"Dengan kehadiran Shayne Pattynama ini diharapkan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia pada pertandingan-pertandingan yang akan dihadapi oleh Timnas kedepannya," harapnya.